ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Dhian Nurul Istiqomah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan hubungan kemampuan awal mahasiswa terkait dengan hasil belajar mereka pada mata kuliah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan mahasiswa semester I Tahun Angkatan 2022 yang berjumlah 94 orang. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara kemampuan awal dan hasil belajar mahasiswa yaitu sebesar 0,701. Dengan nilai koefisien determinasi yaitu 0,505 yang berarti bahwa kemampuan awal memiliki konstribusi terhadap naik turunnya hasil belajar matematika sebesar 50,5% sedangkan sisinya 49,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara fungsional hubungan variabel kemampuan awal (X) dan variabel hasil belajar (Y) digambarkan dalam bentuk model regresi linier  yang berarti bahwa kemampuan awal yang rendah cenderung mengalami kesulitan untuk memperoleh hasil belajar yang baik dalam mata kuliah matematika dan setiap kenaikan satu satuan nilai kemampuan awal maka akan meningkatkan nilai hasil belajar sebesar 0,578. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan awal dan hasil belajar sehingga perlunya identifikasi dini kemampuan awal mahasiswa. Identifikasi dini kemampuan awal mahasiswa dapat membantu dosen dalam merancang pendekatan, metode pembelajaran, metode evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina, and Paskalia Pradanti. "Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?" Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5.1 (2022): 568-582.

Aminullah & Kusmianti. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Matematika antara Lulusan Sekolah Jurusan IPA dan Jurusan IPS. Jurnal Ganec Swara, Vol.16, No.1, p-ISSN 1978-0125, e-ISSN2615-8116, Maret 2022, hal 1343-1347

Astuti, Siwi Puji. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5(1): 68-75, 2015 ISSN:2088-351X.

Fakhriyya, N. (2022). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021).

Hartuti, P. M., & Widyasari, H. (2016). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Persepsi Mahasiswa Pada Statistika terhadap Prestasi Belajar Statistika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Sari, R. K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Statistika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 143-150.

Sastri, Defy Nurafinda, Ponco Sujatmiko, and Laila Fitriana. "Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan aplikasi barisan dan deret berdasarkan langkah polya ditinjau dari kemampuan awal siswa." Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI 3.6 (2019): 601-610.

Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarti, D.N., & Porter, D.N. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Herviansyah, Prana & Priarti Megawanti. Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, Vol.02, No.01, 01 Des2016, hlm. 37-44.

Kendeou, P & Broek, P. (2007). The Effect of Prior Knowledge and Text Structure on Comprehension Processes During Reading of Scientific Text. Memory & Cognition Psychonomic Society, Inc. 35 (7), 1567-1577

Masykur, M, M. A. H. F. (2008). Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hartuti, Purni Munah & Halleyna Widyasari. (2016). Peran Kempuan Awal Matematika dan Presepsi Mahasiswa pada Statistika terhadap Prestasi Belajar Statistika, Jurnal SAP Vol,1 No, 2 Desember 2016, ISSN: 2527-967X

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.