PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Nur Baeti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan control group pretest and posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Mind Mapping, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bima. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 12 Kota Bima.


Full Text:

PDF

References


Amir, Z & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matemaika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs Swasta Babussalam Basilam Baru. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: Skripsi

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mahmud. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana

Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sohimin, A. (2014). Model Pemblajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M.S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sutanto, W. (2013). Mind Map Untuk Siswa, Guru & Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.