ANALISA PERBANDINGAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL DAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENENTUAN RUTE TERDEKAT

Ahmada Maghfirotul Inayah, Nalsa Cintya Resti, Nur Fadilatul Ilmiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyelesaian dari penerapan Algoritma Floyd-Warshall dan Algoritma Dijkstra dalam menentukan rute terpendek antar- rumah sakit di Kota Kediri satu sama lain. Langkah dari penelitian meliputi 1) membuat graf berbobot rute jalan antar-rumah sakit di Kota Kediri; 2) menjelaskan penyelesaian dari Implementasi Algoritma Floyd-Warshall dan Algoritma Dijkstra; 3) membandingkan antara Algoritma Floyd-Warshall dan Algoritma Dijkstra berdasarkan hasil dan proses pengerjaan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 9 titik rumah sakit umum di Kota Kediri dan diperoleh hasil yang sama antara kedua algoritma berupa 72 rute terpendek beserta lintasannya. Kedua algoritma ini memiliki hasil jarak terdekat dan rute tempuh yang sama. Meskipun begitu, masing-masing algoritma memiliki karakteristik bahkan cara penghitungan yang berbeda meliputi prinsip, metode, kecepatan, kerumitan dan hasil serta keefektifan. Dalam penelitian ini, Algoritma Floyd-Warshall lebih efektif dibandingkan dengan Algoritma Dijkstra untuk menentukan rute terdekat antar-Rumah Sakit di Kota Kediri.


Full Text:

PDF

References


Aulia, R., Syahputra, E. R., & Dafitri, H. (2015). Sistem Pencarian Rumah Sakit Terdekat Menggunakan Algoritma Dijkstra Berbasis Android (Studi Kasus: Rumah Sakit di Kota Medan). 1, 150–155.

Achmadi, A., & Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Attamimi, I., Yahya, W., & Hanafi, M. H. (2017). Analisis Perbandingan Algoritma Floyd-Warshall dan Dijkstra untuk Menentukan Jalur Terpendek Pada Jaringan Openflow. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 1(12), 1842–1849.

Munandar, A. (2022). Pengantar Matematika Diskrit dan Teori Graf. Buku Pendidikan Deepublish.

Munir, R. (2012). Matematika Diskrit. Penerbit Informatika.

Ningrum, F. W., & Andrasto, T. (2016). Penerapan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Menentukan Rute Terpendek Pada Pemodelan Jaringan Pariwisata Di Kota Semarang. Jurnal Teknik Elektro Unnes, 8(1), 21–24. https://www.neliti.com/id/publications/140473/penerapan-algoritma-floyd-warshall-dalam-menentukan-rute-terpendek-pada-pemodela

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017. Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit, (2017).

Rahayuningsih, S. (n.d.). Teori Graph dan Penerapannya. Universitas Wisnuwardhana Press Malang.

Ramadhani, C. (n.d.). Teori & Algoritma Graph dengan Bahasa Java. Andi Publisher.

RI, K. K. (2018). Ditjen Yankes. https://sirs.kemkes.go.id/fo/login

Satyananda, D. (2012). Struktur Data. Universitas Negeri Malang.

Siang, J. J. (n.d.). Matematika diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer. Andi Offset.

Surianto, & Adiya, M. H. (2020). Perbandingan Algoritma Djikstra dan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Pencarian Lokasi Kuliner. 2(3), 128–133.

Wilson, R. J. (2010). Pengantar Teori Graf. Erlangga.

Yusuf, M. S., Az-zahra, H. M., & Apriyanti, D. H. (2017). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Lokasi Pengguna Ke Tanaman Yang Di Tuju Berbasis Android ( Studi Kasus di Kebun Raya Purwodadi ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(12), 1779–1781.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.