PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA SMP

Indri Fitriyaningsih, Wahyudin Wahyudin, Nur Eva Zakiah

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: a) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pokok bahasan Statistika SMP; dan b) mengetahui kualitas pengembangan LKS berbasis HOTS pada pokok bahasan Statistika SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan menggunakan modifikasi model Thiagarajan atau yang disebut 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ciamis. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis HOTS pada pokok bahasan Statistika SMP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan responden (peserta didik). Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKS berbasis HOTS pada pokok bahasan Statistika SMP dengan hasil penilaian kualitas didaktik dan kontruksi oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,31 yang termasuk kategori baik dan kualitas teknis oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,78 yang termasuk kategori baik, serta diperoleh sebanyak 83,33% peserta didik memberikan penilaian baik terhadap bahan ajar berupa LKS matematika.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Herpratiwi, & Rosidin. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP di Bandar Lampung, 1-14. Retrieved from. https://media.neliti.com/media/publications/192061-ID-pengembangan-lembar-kerja-siswa-berbasis.pdf.

Broadbent, J., & Poon, W. L. (2015). Self-Regulated Learning Strategies & Academic Achievement in Online Higher Education Learning Environments: A Systematic Review. Internet and Higher Education, 27(April 2015), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.04.007

Cong-Lem, N. (2018). Online Self-Regulated Learning , Internet Self-efficacy , and Intention to Use Internet for Language Learning. Proceedings of the 3rd International Conference on English Language Teaching, (2018), 121–130.

Delen, E., & Liew, J. (2016). The Use of Interactive Environments to Promote Self-Regulation in Online Learning: a Literature Review. European Journal of Contemporary Education, 15(1), 24–33. https://doi.org/10.13187/ejced.2016.15.24.

Fannie, R., D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. SAINMATIKA Jurnal Sains dan Matematika, 8, 96-109. Retrieved from http://online-journal.unja.ac.id/index.php/sainmatika/issue/view/376.

Galustyan, O. V., Meshcheryakova, E. I., Larina, T. V., Bakleneva, S. A., & Krivotulova, E. V. (2018). Self-regulated Learning of Students at University. Espacios, 39(23).

Gigdem, H., & Osturk, M. (2016). Critical Components of Online Learning Readiness. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(2l), 98–109.

Jansen, R. S., Leeuwen, A. Van, Janssen, J., Kester, L., & Kalz, M. (2016). Validation of The Self-Regulated Online Learning Questionnaire. J Comput High Educ. https://doi.org/10.1007/s12528-016-9125-x

Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta.

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi & Rekayasa. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 1-10. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/573/680.

Orr, M. J., & Kitchel, A. (2017). The Association Between Self-Regulated Learning and Online Learning Readiness in an Asynchronous High School Course. International Journal of Education and Human Developments, 3(3), 35–44.

Putri, A. F. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan bagi Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Skripsi. UNY: Tidak dipublikasikan.

Pratiwi, U., & Fasha, E., F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1, 123-142. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/download/330/230.

Sufriati, S. P. (2021). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 6 Merangin. Mat-Edukasia, 6(2), 8-11.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Setiyani. (2017). Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Statistika. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 2, 29-38. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/573/680.

Vaculíková, J. A. (2018). Measuring Self-Regulated Learning and Online Learning Events to Predict Student Academic Performance. Studia Paedagogica, 23(4), 91–118. https://doi.org/10.5817/SP2018-4-5

Wandler, J. B., & Imbriale, W. J. (2017). Promoting Undergraduate Student Self-Regulation in Online Learning Environments. Online Learning Journal, 21(2). https://doi.org/10.24059/olj.v21i2.881

Widana, I., W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Wong, J., Baars, M., Davis, D., Van Der Zee, T., Houben, G. J., & Paas, F. (2019). Supporting Self-Regulated Learning in Online Learning Environments and MOOCs: A Systematic Review. International Journal of Human-Computer Interaction, 35(4–5), 356–373. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1543084

Xiao, S., Yao, K., & Wang, T. (2019). The Relationships of Self-regulated Learning and Academic Achievement in University Students. SHS Web of Conferences, 60, 1003. https://doi.org/10.1051/shsconf/20196001003.

Yudhi, P. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (RME) Pada Materi FPB Dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Menara Ilmu, 11(74).

Yot-Domínguez, C., & Marcelo, C. (2017). University Students’ Self-Regulated Learning Using Digital Technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0076-8.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.