FENOMENA LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MEMAHAMI OPERASI ALJABAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.
I Wayan Sumandya, I Wayan Eka Mahendra, NI Made Suwarni, I. R. P. (2020). Developing Assessment of Vocation-Based Hots on Mathematics Subject For X Class Of Vocational School. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(02), 2900–2903.
Kari, K. (2023). Program Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi di SD Inpres Mauloo. Abdimas Mandalika, 2(2), 106–111.
Mardliyah, A. A. (2019). Budaya Literasi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 0(1), 171–176.
Marina, E. Y., & Yani, A. T. (2016). Proses Literasi Matematis Dikaji dari Content Space And Shape dalam Materi Geometri di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(11), 1–11. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17415
Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973
Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2022). Kemampuan Berpikir Matematis dengan Kajian Metode Pemikiran Analogi untuk Permasalahan Literasi Numerasi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 434–439. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.792
Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dasar Geometri dengan Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Laplace, 1(1), 33–40.
Panglipur, I. R., & Rosita, M. (2023). Berpikir Matematis Siswa pada Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman 78-87. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i1.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413-3430.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 1–12.
Shofana, N. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Pemenuhan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 26–35. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.27046
Sulisawati, D. N., & Panglipur, I. R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa pada Penyelesaian Masalah Pemfaktoran Aljabar di Kelas VIII. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 53–61. https://doi.org/10.56013/axi.v7i1.1212
SYAHRIAL, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1022
Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian Literatur: Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan Jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.