WORK BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Era Dewi Kartika, Dyah Ayu Sulistyaning Cipta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana work based learning itu diterapkan guna meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, berdasarkan wawancara maupun video dokumentasi mahasiswa yang berbicara di depan umum dalam kegaiatan kemasyarakatan mendapatkan peningkatan setelah work based learning itu diterapkan. Mahasiswa yang semula hanya mengerti teori public speaking dan tidak percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak menjadi memiliki keberanian karena tuntutan work based learning. Kunci dari keberhasilan dalam penerapan metode ini adalah dengan diberikannya arahan dan bekal kepada mahasiswa sebelum mahasiswa tersebut terjun langsung ke lapangan untuk berbicara di depan orang banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 mahasiswa kemampuan cukup aktif, 9 mahasiswa kemampuan aktif dan 1 mahasiswa berkemampuan sangat aktif dalam public speaking setelah penerapan model work based learning.


Full Text:

PDF

References


Fathoni, T., Asfahani, Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23-32. doi:https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581

Hadiningrat, S. (2016). Peran Work-Based Learning dalam Menyiapkan Tenaga Kerja di Era MEA. AUTOTECH, 4(1), 11-16. doi:https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.3013

Indrakusuma, A. H. (2016). Model Work-Based Learning sebagai Kemitraan untuk Persiapan Lulusan Perguruan Tinggi Memasuki Dunia Kerja. JIPI: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 31-34. Retrieved from https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/article/download/17/7

Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi Publik yang Efektif. Ikon: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(1), 71-82. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1830/1495

Nengtias, N., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogakarta. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2121-2125. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5719

Nugrahani, D., Kustantinah, I., Himatu, R. F., & Larasati. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. E-DIMAS: Education-Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-9. doi:https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.246

Sebayang, N. , Siregar, S. , Sinaga, E.K. 2017. Penerapan Work-Based-Learning Terhadap Praktik Pemasangan Keramik Mahasiswa pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Education Building Vol. 3 No 2 hal. 55-61

Siswanto, B. T. (2012). Model Penyelenggaraan Work-Based Learning pada Pendidikan Vokasi Diploma III Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 11-26. doi:https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1013

Wahid, A.A. , Lestari, I. , Gudnanto. 2022. Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan teknik Sosiodrama. Muria Research Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 2 hal. 265-272

Wati, Silva N.Q., Utami, R.D. 2022. Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching. JURNALBASICEDU, Vol. 6 No. 3 hal 4539-4548.

Yoto, & Marsono. (2020). Implementation of Work-Based Learning at Teaching Factory in Vocational Education. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 43(2), 150-155. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um031v43i22020p150-155.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.