SOFTWARE GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI LITERATUR

Fathurrahman Fathurrahman, Muh Fitrah

Abstract


Era teknologi saat ini pembelajaran matematika tidak lagi dilakukan secara manual seperti menghitung dengan tangan, mistar dan tabel. Tetapi, seiring berkembang teknologi sudah banyak software yang membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematika salah satunya adalah software GeoGebra. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data hasil penelitian terdahulu dan perkembangan terhadap penggunaan software GeoGebra pada pelajaran matematika. Tahapan awal penelitian ini adalah dengan mengumpulkan artiket dari google scholar dan database dari dimension kemudian dianalaisis terkait perkembangan penggunaan softwatre GeoGebra pada pelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Vosviewer. Penggunaan software GeoGebra sangat bermanfaat untuk media pemebelajaran diera teknologi yang mana dapat meningkatkan skill dan pemahaman serta cara berpikir kritis siswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika seperti pada materi geometri, trigonometri, fungsi kuadrat, ruang sisi datar serta garis dan sudut. Hasil penelitian ini diperoleh dengan metode litaratur review dan pengumpulan data dari google scholar dan dimension kemudian dianalisis data dengan bantuan aplikasi vosviewer. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penggunaan software GeoGebra mengalami perkembangan dan peningkatan dalam proses pembelajaran matematika. Seperti di Indonesia, penggunaan software GeoGebra dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Universitas, memberi pengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis, kemampuan berpikir kritis dan kemandirian yang efektif pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Afhami, A. H. (2022). Aplikasi GeoGebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Anjarwati, D., Juandi, D., Nurlaelah, E., & Hasanah, A. (2022). Studi meta-analisis: Pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2417-2427.

Arikan, E. E., & Yalçin, N. (2020). The Effect of GeoGebra on Students' Achievement in Coordinate Geometry. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(1), 115-131.

Azizah, M. N. (2023). Trigonometri, GeoGebra, dan Infografis: Sebuah Prosedur Pembelajaran yang Sangkil dan Mangkus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 17-24.

Baloga, M., & Gadanidis, G. (2019). Building Communities of Mathematics Inquiry with GeoGebra. ZDM Mathematics Education, 51(6), 1031-1044.

Barwell, R. (2018). The changing nature of mathematics education in the digital age. Educational Designer, 3(10), 1-16.

Choi, K., Hong, J., & Kim, D. (2019). The Effects of Dynamic Geometry Software on Students' Geometric Thinking and Visualization Skills. Journal of Educational Computing Research, 57(1), 160-184.

Connaway, Lynn Silipigni; Radford, M. L. (2016). Research Methods in Library and Information Science, 6th Edition (6th ed.). Libraries Unlimited.

Drijvers, P., Doorman, M., Boon, P., Reed, H., & Gravemeijer, K. (2010). The teacher and the tool: Instrumental orchestrations in the technology-rich mathematics classroom. Educational Studies in Mathematics, 75(2), 213-234.

Fitrah, Muh & Fathurrahman. (2023). Rekognisi Kemampuan Guru Matematika Dalam Menggunakan Instrumen Tes Dan Non Tes: Studi Kasus Di Smpn 3 Woha. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Fitrah, Muh. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi segiempat siswa SMP. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51-70.

Glänzel, W., & Moed, H. F. (2002). Journal impact measures in bibliometric research. Scientometrics, 53(2), 171-193.

Gürbüz, R., Aktaş, G., & Aydın, S. (2015). The Effect of Dynamic Geometry Software on Students' Achievement in Geometry. International Journal of Research in Education and Science, 1(2), 152-160.

Hadi, W., & Faradillah, A. (2022). Implementation Of GeoGebra Online Based on Guided Inquiry o Increase Problem Solving Ability And Student Learning Independence. AKSIOMA. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 882-890.

Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic Mathematics with GeoGebra. Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.

Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan GeoGebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79-87.

Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Di Cimahi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Berbantuan Software GeoGebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 869-876.

Khairunnisyah, K. (2023, January). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Man 1 Labuhanbatu Utara. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (Vol. 4, pp. 296-301).

Laborde, C. (2006). Technology and Geometry Learning: Theoretical and practical reflections in the French context. International Journal of Computers for Mathematical Learning, 11(3), 409-440.

Leydesdorff, L., & Vaughan, L. (2006). Co-occurrence matrices and their applications in information science: Extending ACA to the Web environment. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 57(12), 1616-1628.

Leydesdorff, L. (2008). Caveats for the use of citation indicators in research and journal evaluations. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 59(2), 278-287.

Listiana, Y., Aklimawati, A., Wulandari, W., Suandana, A., & Arindi, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Berbantuan GeoGebra Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Numerasi. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 72-82.

Moed, H. F., Glänzel, W., & Schmoch, U. (Eds.). (2004). Handbook of quantitative science and technology research: The use of publication and patent statistics in studies of S&T systems. Springer.

Monaghan, J. (2016). Technology and mathematics: Digital enhancements and barriers to learning. In Handbook of Technology in Mathematics Education (pp. 143-161). Springer.

M. Laborde. (2006). Dynamic Geometry Software as a Tool for the Study of Geometry, in Handbook of research on the psychology of mathematics education: Past, present and future, Kluwer Academic Publishers, pp. 275-304.

NCTM. (2020). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. National Council of Teachers of Mathematics.

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan GeoGebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 305-315.

Özyurt, Ö., & Özyurt, H. (2020). The Effects of GeoGebra Use on Students' Mathematical Creativity and Attitudes towards Mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(2), 296-317.

Perkasa, V. B. P., Erwina, W., & Kusnandar, K. (2022). Studi Bibliometrik dengan VOSviewer terhadap Publikasi Ilmiah mengenai Situs Astana Gede Kawali. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 665-673.

Puspita, W., Nst, S. A., Saragih, A. K., & Nurbaiti, N. (2023). Analisis Penggunaan Software Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus: SMP IT Jabal Noor Medan). Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 2(1), 136-146.

Sari, N. E., & Aslan, E. (2018). The Effect of GeoGebra Use on Pre-service Mathematics Teachers' Self – efficacy Beliefs. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(1), 119-136.

Şahin, A. (2015). Exploring Pre-Service Teachers' Geometrical Problem Solving Process Via GeoGebra: A Case Study. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 5(2), 101-115.

Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1-9.

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106-1114.

Shibly, M., & Mahmud, Z. (2018). The Effect of GeoGebra Software on Students' Understanding of Algebraic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 012050.

van Eck, N.J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523-538.

van Eck, N.J., & Waltman, L. (2011). Text mining and visualization using VOSviewer. ISSI Newsletter, 7(3), 50-54.

van Eck, N.J., & Waltman, L. (2014). Visualizing bibliometric networks. In Y. Ding, R. Rousseau, & D. Wolfram (Eds.), Measuring scholarly impact: Methods and practice (pp. 285-320). Springer.

Waltman, L., van Eck, N.J., & Noyons, E.C. (2010a). A Large-Scale Analysis of Impact Factor Biased Journal Self-Citations. Journal of Informetrics, 4(2), 230-238.

Waltman, L., van Eck, N.J., & Noyons, E.C. (2010b). A unified approach to mapping and clustering of bibliometric networks. Journal of Informetrics, 4(4), 629-635.

Yaşar, M. F., & Uğurel, İ. (2017). Effects of Using GeoGebra in Mathematics Teaching on Students' Attitudes and Achievements: A Meta-analysis Study. Journal of Education and Learning, 6(2), 127-136.

Zhou, Y., Si, L., & Kong, L. (2020). The Effectiveness of GeoGebra in Promoting Students' Learning of Mathematics: A Systematic Review and Meta-analysis. Computers & Education, 151, 103864.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.