ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP

Ellyseus Lovez, Rustam Rustam, Silvia Sayu

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat kemandirian belajar matematika siswa pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi lingkaran. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pembelajaran pada materi lingkaran diajarkan menggunakan metode jigsaw, setelah pembelajaran dilakukan siswa diberikan instrumen angket dan diwawancara untuk melihat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tersebut. Didalam penelitian ini melibatkan 25 siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Lumar. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa siswa mempunyai kemandirian belajar dengan kategori baik. Dapat dilihat dari rata-rata tiap indikator kemandirian belajar siswa sebagai berikut: ketidaktergantungan terhadap orang lain memperoleh rata-rata sebesar 66,8% (cukup baik), memiliki kepercayaan diri memperoleh rata-rata sebesar 72% (baik), berperilaku disiplin memperoleh rata-rata sebesar 68,8% (cukup baik), memiliki tanggungjawab memperoleh rata-rata sebesar 75,7333% (baik), berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri memperoleh rata-rata sebesar 70% (baik), dan melakukan kontrol diri memperoleh rata-rata sebesar 68,8% (cukup baik). Dan dapat juga dilihat dari tingkat kemandirian belajar, siswa memiliki 3 kategori kemandirian belajar, yaitu sangat baik ada 2 siswa, baik ada 15 siswa, dan cukup baik ada 8 siswa, dimana siswa lebih banyak mendapatkan tingkat kemandirian belajar dengan kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45.

Asy’ari, Usodo, B., & Riyadi. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square dengan Metode Question Student Have dan Think Talk Write pada Pokok Bahasan Bangun Ruang ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekabupaten. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Effendi, Mursilah, & Mujiono. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23.

Isnawati, N., & Samian. (2011). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 128–144.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on the Draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 97–107.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49.

Retnowati, Endah & Jailani. (2009). Implementasi Teknik Jigsaw dalam Pembelajaran Geometri sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMU Negeri Depok Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA UNY.

Rohmat, A. (2014. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Rangkaian Listrik Di SMK Negeri 1 Cimahi. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Setiyadi, A. G., & Sutama. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Strategi Discovery Learning pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1.

Sumarmo, Utari. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Jurdikmat UPI.

Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SD N Karang Jalak 1 dalam Pembelajaran Tematik. Pendagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51-59.

Yuningrih, Dewi. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika melalui Metode Jigsaw bagi Siswa Kelas XII AP Semester Gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 2 (5).

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31–38.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.