PENERAPAN STRATEGI BELAJAR LITERASI NUMERASI SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN MUTU BACA DAN HITUNG SISWA

Siti Napfiah, Nok Izatul Yazidah, Chindi Pebrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan hitung siswa dalam segala aspek pembelajaran. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan pembiasaan membaca serta berhitung di awal sebelum pembelajaran inti. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran siswa di MI Daarul Ulum Ampelgading. Subjek dari penelitian ini adalah siswa MI Daarul Ulum Ampelgading. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat potensi ketertarikan baca serta berhitung siswa dalam setiap pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu dilihat dari tingkat pemahaman dalam aspek membaca dan tingkat kecepatan dalam menyelesaikan soal benar dalam aspek menghitung dalam batas waktu 10 menit. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan siswa dalam proses pemahaman materi dan menyelesaikan soal dengan benar pada tahap studi pendahuluan yakni ada yang membutuhkan waktu 20 menit, sedangkan pada siklus I ada siswa yang menyelesaikan pemahaman dan menyelesaikan soal dengan benar dalam waktu 15 menit. Siklus II ada siswa yang menyelesaikan dalam waktu 10 menit disertai hadiah namun belum mencapai 50 %. Siklus III lebih dari 50 % siswa dapat memahami dan menyelesaikan soal dengan benar dalam waktu di bawah 10 menit dengan disertai permainan dan hadiah. Dengan demikian, melalui penerapan strategi belajar literasi numerasi ini dapat meningkatkan mutu baca dan hitung siswa.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Chandrawati, T., Tatminingsih, S., Novita, D., Setiawan, D., Budi, U. L., & Mukti, A. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online), (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/), diakses 27 Agustus 2018.

Al-Muchtar, Suwarna, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran PKn. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Penelitain Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Beckman, Pat. Strategy Instruction. 2004 (http://ercec.org/digests/e638.html).

Dick, W. and Carey, L. (1996). The Systematic Dessign of Instruction. New York: Harper Collins Publishers.

Hewitt, D. (2008) Understanding Effective Learning: Strategies for The Classroom. England: Open University Press.

Juwarlan. (2000). Keterampilan Membaca. Sukoharjo: Universitas Bangun Nusantara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. (Online), (http://gln.kemdikbud.go.id).

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika,4(1),69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana,2004.

Sopa, Ikhwan. (2008). Communication is the most important skill in life. Artikel. Majalah Indonesian Tax Review. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wardani, I.G.A.K, Wihardit dan Nasoetion. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.