ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Putri Meilia Asmara, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari perbedaan gender pada materi program linier dan penyebab penyebab kemampuan pemecahan masalah matematis bila ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Semaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki kemampuan memahami masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil yang sangat baik tetapi memiliki kemampuan menyusun rencana pemecahan masalah yang kurang baik. Sedangkan siswa perempuan dapat dikatakan bahwa memiliki kemampuan memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah dan memerika kembali hasil dengan sangat baik tetapi memiliki kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah yang kurang baik. Penyebab perbedaan gender pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kurangnya kesadaran guru terhadap perbedaan gender pada pembelajaran matematika dan materi bahan ajar dan proses pembelajaran di kelas yang kurang seimbang dan belum sesuai.

Full Text:

PDF

References


Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. Https://Numeracy.Stkipgetsempena.Ac.Id

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 481. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V7i2.3688

Apriani, E., Djadir, D., & Asdar, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Issues In Mathematics Education (Imed), 1(1), 7. Https://Doi.Org/10.35580/Imed

Suharsimi Arikunto. Ayuni, D. R. (2018) Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender pada Materi Geometri di Kelas XI Keperawatan 1 SMK Muhammadiyah 7 Gondang legi. Jurnal Pascasarjana, D. P., & Malang, U. M.

B Mathew, M., & Michael, H. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UI Press.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V11i1.23601

Kreano, F, B. (1978). Teaching Dan Learning Mathematics. Brown Company Publisher.

Fadhallah. (2021). Wawancara. Unj Press.

Fatahillah, A., N.T, Y. F. W., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding. Kadikma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8, 40–51.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender the Effect Of Problem Solving Learning Model Toward Mathematical Communication Ability Viewed From Gender. 4(2), 219–228.

Ifada, N. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keyakinan Matematika ditinjau dari Konteks Berdasarkan Kesetaraan Gender. Jurnal IAIN Purwokerto.

Imam, G. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawan, R. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan (2nd Ed.). Refika Aditama.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (Ed.); 1st Ed.). PT Refika Aditama.

Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V10i2.3661.

NCTM. (1989). Curriculum And Evaluation Standards for School Mathematics. Executive Summary.

Nurhayanti, H., Riyadi, & Usodo, B. (2020). Analysis of Mathematical Problem-Solving Skills Viewed from Initial Ability and Gender Differences in An Elementary School. Elementary Education Online, 19(3), 1127–1141. Https://Doi.Org/10.17051/Ilkonline.2020.716848

Purnami, A. S., Studi, P., Matematika, P., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika. 5(2), 183–194.

Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Eksponen dan Logaritma ditinjau dari Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(1), 118. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i1.2632

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. 1(1), 24–30.

Putri, J., & Susilowati, A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan. (JRPM) Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148.

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur dalam Sebuah Artikel Ilmiah Titik. 2.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). SD Dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46.

Saputri, R. R., Sugiarti2, T., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9, 59–68.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1), 99– 103. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V1i2.603

Siti, A., Abdillah, M., Himayah, & Ambo, M. (2016). Kontekstualisasi Gender, Islam dan Budaya. (S. A. Kara (Ed.); Seri Kemit).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (3rd Ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D – Mpkk (3rd Ed.).

Sumarmo. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. FPMIPA UPI: Bandung.

Umanza, J. N. (2021). Analisis Faktor Gender dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Al-Islamiyyah Purwokerto. Repository.

Umaratu, S. J., Ngaba, A. L., & Nggaba, M. E. (2022). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability Viewed from Differences in Public High Schools. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 6(1), 1–13.

Wulansari, K. T., Rohana, R., & ... (2022). Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Matematika. 4(2), 107–117.

Yoenanto, N. H., Suprapti, V., & Andriani, F. (2000). Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika dan Tingkat Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Umum. Repository.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.