ANALISIS PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PGSD TERHADAP PENYELESAIAN SOAL GEOMETRI RUANG
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis mahasiswa PGSD semester 1 pada materi geometri ruang. Penelitian dilakukan pada 34 mahasiswa dengan menggunakan empat indikator sebagai pengukurnya. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes (wawancara) yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswa mempunyai kemampuan yang baik pada tiga indikator yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika dan menyusun bukti dengan presentase rata-rata di atas 50% sedangkan pada indikator menarik kesimpulan dari pernyataan mahasiswa hanya mendapatkan rata-rata presentase sebesar 20.59%.
Full Text:
PDFReferences
Ariati, C., & Juandi, D. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis: systematic Literature Review. Angewandte Chemie International Edition, 1(2), 10–27.
Ayuningtyas, W., Mardiyana, & Pramudya, I. (2019). Analysis of student’s geometry reasoning ability at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012016
Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). JUMADIKA : Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18
Danişman, Ş., & Erginer, E. (2017). The predictive power of fifth graders’ learning styles on their mathematical reasoning and spatial ability. Cogent Education, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1266830
Dikdasmen. (2004). Pedoman Teknis Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2004. Jakarta: Depdiknas
Dzulfikar, A., & Vitantri, C. A. (2017). Miskonsepsi Matematika Pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3409
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323
Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239
Nurharyanto, D. W., & Retnawati, H. (2020). The difficulties of the elementary school students in solving the mathematical narrative test items. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.29969
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 63–71. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488
Saleh, M., Prahmana, R. C. I., Isa, M., & Murni. (2018). Improving the reasoning ability of elementary school student through the Indonesian realistic mathematics education. Journal on Mathematics Education, 9(1), 41–54. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5049.41-54
Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012036
Wardhani, I. S. (2020). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 124–129.
Xie, F., Zhang, L., Chen, X., & Xin, Z. (2020). Is Spatial Ability Related to Mathematical Ability: a Meta-analysis. Educational Psychology Review, 32(1), 113–155. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09496-y
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2354
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat IndonesiaÂ
All rights reserved.