PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Khairunnisa Aqillamaba, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa selama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto serta terdapat satu variabel bebas yakni kecerdasan emosional dan satu variabel terikat yakni hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 49 siswa dari kelas XII AK 1 & 2 di SMK Amal Bakti Jatimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, penyebaran kuesioner kecerdasan emosional dan data nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2023 yang diperoleh dari guru matematika yang bersangkutan. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMK Amal Bakti Jatimulyo kecerdasan dengan kategori rendah. Hal tersebut diperkuat dengan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika. Dari perolehan koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,562 dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika dengan kontribusi kecerdasan emosional terhadap tinggi-rendahnya hasil belajar matematika sebesar 31,6% dan 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Kata Kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Allen, Ralph C. dan Stone, Jack H. (2005). Buku Abaikan Konstanta. Jurnal Pendidikan Ekonimi. Vol. 36 No. 4. 379.

Goleman, Daniel. (2007). Emotional Intelligence Terjemahan T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iska, Zikri Neni. (2006). Psikologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan. Jakarta: Kizi brother’s. 85.

Maskar, S. & Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dan MA Darur Ridho Al-Irsyad Al Islamiyah Pada pembelajaran Daring Melalui Modle. Journal Of Social Science and Technology For Community Service (JSSTCS). 2(1). 1-10.

Patimah, Siti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Ke Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. 86

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Presepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI). 3(36). 703-712.

Priyanto, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Medikom. 20.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penenlitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 55

Ulfa, Marchamah. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQAR) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 48-55.

Uno, Hamzah B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 73.

Uno, Hamzah B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 102.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.