PERANCANGAN PROTOTIPE DETEKSI KEBOCORAN GAS MENGGUNAKAN SENSOR MQ-6 UNTUK RUMAH TANGGA

Dimas Marsus Pandega, Hendra Marcos

Abstract


Sudah tidak asing lagi dengan penggunaan gas LPG di lingkungan sekitar. Karena gas LPG sangat ramah lingkungan  serta mempermudah masyarakat dalam penggunaan. Semakin mudah tetapi tidak terlepas dari bahaya yang dihadapi. Kebocoran gas adalah suatu kejadian menyebarnya gas pada tempat yang tidak seharusnya. Apabila gas menyebar didalam ruangan yang tertutup maka akan menimbulkan resiko yang tinggi seperti ledakan ataupun kebakaran. Kebocoran gas sulit dideteksi karena yang telah diolah tidak berbau dan tidak berwarna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan  rancangan alat deteksi kebocoran gas menggunakan sensor MQ-6, Arduino Uno, Relay, Jumper, Resistor, Buzzer, LCD 16 x 4, Potentiometer, LED, dan Bearboard. Cara kerja rancangan ini apabila sensor MQ-6 mendapati adanya gas didalam ruangan maka buzzer langsung berbunyi dan led merah hidup disertai dengan peringatan bahaya melalui lcd.


Keywords


rancangan; sensor; mikrokontroler;

Full Text:

PDF

References


M. F. Putra, A. H. Kridalaksana, dan Z. Arifin, “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Lpg Dengan Sensor Mq-6 Berbasis Mikrokontroler Melalui Smartphone Android Sebagai Media Informasi”.

D. Oleh, “Implementasi Sensor Mq-6 Sebagai Pengukur Tekanan Gas Bocor Berbasis Mikrokontroler Atmega 2560”.

I. Hidayat, “Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas Menggunakan Sensor MQ-6 Berbasis Jaringan Sensor Wireless,” tc, vol. 17, no. 4, hlm. 355–364, Nov 2018, doi: 10.33633/tc.v17i4.1771.

M. R. Sulaiman, “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Gas Bocor Otomatis Menggunakan Sensor Gas Mq-6 Dan Aplikasi Telegram”.

D. Persada, D. Andayati, dan E. Fakhiyah, “Pendeteksi Dini Kebocoran Pada Tabung Gas Menggunakan Sensor Mq-6 Berbasis Arduino,” vol. 7, no. 1, 2019.

A. S. Puspaningrum, F. Firdaus, I. Ahmad, dan H. Anggono, “Perancangan Alat Deteksi Kebocoran Gas Pada Perangkat Mobile Android Dengan Sensor Mq-2,” Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Agu 2020, doi: 10.33365/jtst.v1i1.714.

H. Marcos dan H. Muzaki, “Monitoring Suhu Udara Dan Kelembaban Tanah Pada Budidaya Tanaman Pepaya,” vol. 03, no. 02, 2022.

R. Hidayatullah dan H. Muchtar, “Robot Pendeteksi Kebocoran Gas Menggunakan Mikrokontroler Atmega 328 Dan Sensor Gas Mq6,” 2015.

R. Wijaya, “Mengenal Aplikasi Tinkercad Sebagai Media Pembelajaran - Laman 2 dari 2,” NaikPangkat.com, 20 November 2022. https://naikpangkat.com/aplikasi-tinkercad-sebagai-media-pembelajaran-kompetensi-siswa/ (diakses 25 Desember 2022).

H. Setiadi, R. Ananda, dan M. Ardiansyah, “Perancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas LPG Dengan Menggunakan Sensor MQ-6 Untuk Mengatasi Bahaya Kebakaran,” vol. 4, no. 2.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v4i1.2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 dimas marsus pandega

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.