Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah Pada SMKN 1 Marga Sekampung

Elvano Delisa Mega

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang sangat cepat dan membawa perubahan yang sangat besar, karena dengan teknologi tersebut informasi dapat diperoleh dengan cepat, akurat dan tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Marga Sekampung, saat ini sudah menerapkan komputerisasi dalam membuat laporan keuangan dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dana  dari berbagai sumber kemudian mengolahnya dalam aplikasi Microsoft Excel. Hal ini dapat berpotensi terjadinya kesalahan dalam proses penginputan data dan pencatatan laporan keuangan sehingga terjadinya human eror dalam proses penyajian laporan keuangan menjadi lambat dan kurang efesien. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah sistem pengelolaan keuangan sekolah berbasis website  yang membantu sekolah dalam mengelola data keuangan sekolah secara terkomputerisasi. Pada pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming dan UML sebagai alat untuk menganalisis sistem yang akan dibuat. Bahasa permograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pengelolaan laporan keuangan menggunaan  framework  PHP Native,dan MySQL sebagaii manajemen basis data. Hasil dari pengembangan sistem informasi berbasis website  dapat digunakan dalam mempermudah  proses pengelolaan keuangan sekolah menjadi lebih efektif dan,efisien. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan bendahara untuk meminimalisir adanya kesalahan dalam mengisi data yang dilakukan secara manual,serta mengurangi resiko kehilangan data maupun kerusakan dokumen.

Kata Kunci:extreme programmingI; UML;  framework  PHP Native; MySQL; website;


Full Text:

PDF

References


T. Ardiansah, “Perancangan Sistem Persediaan Menggunakan Metode Extreme Programming,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022.

S. Setiawansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 54–62, 2022.

D. Darwis, A. Ferico Octaviansyah, H. Sulistiani, and R. Putra, “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas Di Kabupaten Lampung Timur,” J. Komput. dan Inform., vol. 15, no. 1, pp. 159–170, 2020.

H. Sulistiani, S. Setiawansyah, and D. Darwis, “Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari),” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 50–56, 2020.

H. Sulistiani, A. Sulistiyawati, and A. Hajizah, “Perancangan Sistem Pengelolaan Keuangan Komite Menggunakan Web Engineering (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Gedong Tataan),” Komputika J. Sist. Komput., vol. 10, no. 2, pp. 163–171, 2021.

D. A. Megawaty, S. Setiawansyah, D. Alita, and P. S. Dewi, “Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan,” Riau J. Empower., vol. 4, no. 2, pp. 95–104, 2021.

A. L. Kalua, “Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2022.

N. Shodik, N. Neneng, and I. Ahmad, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 219, 2019, doi: 10.23887/janapati.v7i3.15727.

N. Ayunandita and S. D. Riskiono, “PERMODELAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN EXTREME PROGRAMMING PADA MADRASAH ALIYAH (MA) MAMBAUL ULUM TANGGAMUS,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, 2021.

S. Setiawansyah, D. T. Lestari, and D. A. Megawaty, “SISTEM INFORMASI PKK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: KAMPUNG PURWOEJO),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 244–253, 2022.

D. A. Megawaty, Setiawansyah, M. Bakri, and E. Damayanti, “SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA,” vol. 14, no. 2, pp. 98–101, 2020.

D. Darwis, V. H. Saputra, and S. Ahdan, “Peran Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA) Sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid-19 di SMK YPI Tanjung Bintang,” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2020, vol. 1, pp. 36–45.




DOI: https://doi.org/10.33365/jimasika.v1i2.3754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 elvano delisa mega



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi (JIMASIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Accounting Information System Study Program - Faculty of Engineering and Computer Science 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasika/index
E : jimasika@teknokrat.ac.id.