Usulan Prototype E-KTM Berbasis Radio Frequency Identification Untuk Mengurangi Antrean Keluar-Masuk Parkir Di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Dwi Rizky Puti Raihan, Anggun Kusuma Hartadi, Padulloh Padulloh

Abstract


Antrean merupakan salah satu masalah besar yang dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi suatu aktivitas, terutama antrean parkir. Pengembangan sistem parkir menjadi e-parking merupakan suatu upaya perbaikan dalam pendataan dan pengelolaan parkir guna memudahkan para stakeholder pada saat proses administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan sistem E-KTM berbasis RFID untuk mengurangi antrean keluar-masuk parkir di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. RFID (Radio Frequency Identification) adalah perangkat yang digunakan untuk mengidentifikasi objek dengan memanfaatkan frekuensi transmisi radio [1]. Frekuensi radio dalam RFID digunakan untuk menerjemahkan informasi yang dikirim oleh perangkat kecil (tag atau transponder) yang akan mengenali diri sendiri ketika mendeteksi sinyal dari perangkat yang memadai (dalam hal ini adalah pembaca RFID). Hasil penelitian menghasilkan prototype penggunaan sistem parkir pada Universitas Bhayang kara Jakarta Raya yang terintegrasi dengan E-KTM berbasis RFID. Hasil pengujian berupa verifikasi pada powerdesigner untuk tiap bagan (use case diagram, activity diagram, business process diagram, dan sequence diagram) menunjukkan tidak adanya error maupun warning, sehingga prototype yang kami ajukan dapat direalisasikan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


A. Qashlim and H. Hasruddin, “Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Kartu Identitas,” J. Ilm. Ilmu Komput. Fak. Ilmu Komput. Univ. Al Asyariah Mandar, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2015.

S. Setyowibowo and I. D. Mumpuni, “Aplikasi Sistem Informasi One Stop Pet Shop Berbasis Web Pada Golden Pet,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 10, no. 1, pp. 33–40, 2016.

F. Ruliansyah and M. Daud, “Sistem Pendataan Kunjungan pada Perpustakaan Fakultas Teknik UNIMAL Menggunakan Modul RFID,” TELKA-Jurnal Telekomun. Elektron. Komputasi dan Kontrol, vol. 8, no. 2, pp. 103–115, 2022.

B. Firmansyah, N. Evianti, D. S. Permana, A. M. Wihandar, and R. Jaya, “Penerapan Teknologi Smart KTM untuk E-Parking di Area Kampus Menggunakan Radio Frequency Identification,” J. Tek. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 8–14, 2023.

A. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi E-Voting pada Pemilihan Ketua Osis Berbasis Mobile,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 26–31, 2023.

A. L. Kalua, “Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2022.

A. Hafiz, “Permodelan Sistem Penjualan Mobil Bekas Menggunakan Web Engineering,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2023.

S. Sintaro, “Permodelan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 25–32, 2022.

E. Alfonsius, “Designing Correspondence Administration Information Systems Using User Experience Design Model,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 63–68, 2022.

M. P. Sari, S. Setiawansyah, and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode FAST (Framework for the Application System Thinking)(STUDI KASUS: SMAN 1 NEGERI KATON),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 69–77, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jimasika.v1i2.3374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Rizky Puti Raihan, Anggun Kusuma Hartadi, Padulloh Padulloh



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi (JIMASIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Accounting Information System Study Program - Faculty of Engineering and Computer Science 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasika/index
E : jimasika@teknokrat.ac.id.