Analisis Rasio Profitabilitas Atas Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sub Sektor Semen (Studi Kasus: Bursa Efek Indonesia)

Yunita Yunita, Ikbal Yasin, Fikri Hamidy, Parjito Parjito

Abstract


Dalam setiap perusahaan, Evaluasi dan pengukuran kinerja laporan keuangan sangatlah esensial sebagai landasan dalam pengambilan keputusan. Mengingat kompleksitas sistem keuangan dunia nyata, dibutuhkan suatu model yang dapat merepresentasikan sistem tersebut secara abstrak. Perkembangan teknologi internet didukung oleh kemajuan di bidang komputer, teknologi, dan telekomunikasi. Dengan adanya jaringan internet, para pelaku bisnis tak lagi kesusahan dalam memperoleh data apapun guna mendukung aktivitas bisnisnya. Bahkan, saat ini tersedia beragam jenis informasi yang dapat diakses, sehingga perlu dilakukan seleksi informasi agar mendapatkan data yang akurat dan sesuai kebutuhan. Tujuan dari studi ini adalah untuk memberikan data terkait evaluasi laporan keuangan pada perusahaan properti dan memudahkan pengguna dalam mengetahui kesehatan keuangan perusahaan. Sebagai hasil dari penelitian ini, sebuah aplikasi sistem informasi kinerja keuangan telah dibuat dengan berbagai fitur, seperti profil perusahaan yang menjelaskan karakteristik perusahaan, grafik persentase yang memberikan informasi tentang perkembangan laporan keuangan, serta tingkat kesehatan laporan keuangan. Adapun metode penelitian yang digunakan Rasio Profitabilitas yang terdiri dari analisis Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) dan Return On  Equity (ROE), dengan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai database, hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem informasi kinerja keuangan.

Full Text:

PDF

References


R. Dadue, I. S. Saerang, and V. N. Untu, “Analisis kinerja keuangan industri semen yang terdaftar di bursa efek Indonesia,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 2, 2017.

M. B. A. Francis Hutabarat, Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan. Desanta Publisher, 2021.

H. Yati and A. Afriyeni, “Analisis Loan To Deposit Ratio Dan Non Perfoming Loan Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah (Bpd) Sumatera Barat Cabang Utama Padang,” 2019.

S. Sanjaya and M. F. Rizky, “Analisis Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Taspen (Persero) Medan,” KITABAH J. Akunt. dan Keuang. Syariah, 2018.

B. T. Wibowo, “Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan PT. Intan Segara Semarang Dalam Pandemi Covid-19,” Anindyaguna Ekonobisnis J. Ekon. dan Bisnis STIE Anindyaguna, vol. 2, no. 2, pp. 119–130, 2020.

P. K. Suci and U. Pristiana, “Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017,” J. Ekon. Manaj., vol. 17, 2019.

M. Vernida and D. Marlius, “Analisis Rasio Profitabilitas Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Cempaka Mitra Nagari Padang,” 2020.

D. MARDHIYAH, “ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM”.

A. Hafiz, “Permodelan Sistem Penjualan Mobil Bekas Menggunakan Web Engineering,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2023.

S. Setiawansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 54–62, 2022.

A. D. Wahyudi, “Penerapan Metode Evaluation based on Distance from Average Solution (EDAS) Untuk Penentuan Ketua OSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 33–45, 2022.

Setiawansyah, H. Sulistiani, and D. Darwis, “Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ),” J. CoreIT, vol. 6, no. 1, pp. 50–56, 2020.

S. Setiawansyah, P. Parjito, D. A. Megawaty, N. Nuralia, and Y. Rahmanto, “Implementation of The Framework for The Application of System Thinking for School Financial Information Systems,” Tech-E, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jimasika.v1i2.3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yunita Yunita, Ikbal Yasin, Fikri Hamidy, Parjito Parjito



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi (JIMASIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Accounting Information System Study Program - Faculty of Engineering and Computer Science 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasika/index
E : jimasika@teknokrat.ac.id.