Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Mitra (Studi Kasus : Chou Chou Drink)

Rian Karisma

Abstract


Pemasaran yang dilakukan pada perusahaan seperti Chou Chou Drink saat ini sudah menggunakan media sosial akan tetapi secara prosedur kerjasama mitra tidak dilakukan dalam satu sistem. permasalahan seperti proses pemasaran yang dilakukan dengan respon melalui media chat masih dirasa kurang efektif karena pihak perusahaan harus menjelaskan satu persatu mengenai kerjasama mitra, hal tersebut berdampak pada kesalahan dalam respon yang ditanggapi. Permasalahan berikutnya yaitu ketika mitra sudah bekerjasama dan akan memesan bahan baku, mitra akan mencatat secara manual mengenai bahan yang akan dipesan keperusahaan, proses tersebut dapat memicu terjadinya kesalahan dalam pengiriman bahan baku, kesalahan produk yang dipesan dan proses rekap pesanan bahan baku yang dilakukan secara berulang, sehingga proses tersebut dirasa masih kurang efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu Extreme programming tahapan meliputi planning, design, coding dan testing dengan keunggulan berupa pengembangan secara cepat dan berorientasi objek. Hasil peneliti yang telah dilakukan menghasilkan sistem berbasis web dengan pengguna yang terdiri dari admin, pimpinan dan mitra. Pelayanan yang diberikan berupa pendaftaran mitra baru dan proses pemesanan bahan baku yang dapat dilakukan secar Online dalam satu sistem yang telah dibangun. Berdasarkan hasil pengujian Black box testing diperoleh hasil sebesar 98,09% berdasarkan keseluruhan pengujian terhadap fungsi sistem dapat disimpulkan bahwa responden menilai sistem yang dibangun telah sesuai dengan fungsinya


Full Text:

PDF

References


A. M. Sari, D. Darwis, and D. Dartnono, “E-MARKETING PADA DEALER MOTOR TVS CABANG UNIT 2 BERBASIS WEB,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, 2021.

T. D. Rosmalasari, M. A. Lestari, F. Dewantoro, and E. Russel, “Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2020.

F. P. Evariyanti, N. M. Estiyanti, and S. Lavianto, “Analisis Strategi E-Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Travel Agent Online mybaliwisata.com,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 3, no. 1, pp. 12–17, 2019, doi: 10.30871/jaic.v3i1.1154.

S. Hartono, “Perancangan Sistem Informasi Marketing Berbasis Website Pada Perusahaan Distributor PT. SBM,” Infotech J. Technol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.37365/jti.v6i1.64.

A. F. O. Pasaribu and A. D. Wahyudi, “Used Car Sale Application Design in Car Shoowroom Using Extreme Programming,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2023.

R. D. Gunawan and F. Ariany, “Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2023.

F. Hamidy and I. Yasin, “Implementation of Moving Average for Forecasting Inventory Data Using CodeIgniter,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 17–23, 2023.

T. Ardiansah and D. Hidayatullah, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Web,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2023.

Y. Sisca and F. Trisnawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Secara Digital Berbasis E-Marketing,” J. Dunia Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2021.

S. Setiawansyah, A. T. Priandika, B. Ulum, A. D. Putra, and D. A. Megawaty, “UMKM Class Determination Support System Using Profile Matching,” Bull. Informatics Data Sci., vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2022.

D. Alita, S. Setiawansyah, and A. D. Putra, “C45 Algorithm for Motorcycle Sales Prediction On CV Mokas Rawajitu,” J. SISFOTEK Glob., vol. 11, no. 2, pp. 127–134, 2021.

A. Aldino, A. Saputra, A. Nurkholis, and S. Setiawansyah, “Application of Support Vector Machine (SVM) Algorithm in Classification of Low-Cape Communities in Lampung Timur,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 3 SE-Articles, Dec. 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1041.

R. Nuraini, Y. Daniarti, I. P. Irwansyah, A. A. J. Sinlae, and S. Setiawansyah, “Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Menggunakan TOPSIS Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wireless Router,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, pp. 411–419, 2022.

S. Ahdan and S. Setiawansyah, “Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android,” J. Sains dan Inform. Res. Sci. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 67–77, 2020.

I. Kurniawan, Setiawansyah, and Nuralia, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jimasika.v1i1.2501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rian Karisma



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi (JIMASIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Accounting Information System Study Program - Faculty of Engineering and Computer Science 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasika/index
E : jimasika@teknokrat.ac.id.