Implementasi Heuristic Evaluation Untuk Analisis User Experience (UX) Pada Virtual Class Universitas Lampung

Yohana Tri Utami, Agnes Pramudani, Anie Rose Irawati, Didik Kurniawan

Abstract


Pembelajaran online telah berkembang menjadi media pembelajaran yang memungkinkan dosen dan mahasiswa berkolaborasi secara digital di dalam kelas tanpa harus hadir di ruang yang sama secara fisik. Vclass Unila merupakan sebuah sistem pembelajaran online yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa Universitas Lampumg. Metode Evaluasi Heuristik akan digunakan untuk mengukur tingkat kenyamanan user, kelayakan aplikasi, dan interface sistem maka dilakukan pengujian usability dengan tujuan untuk menganalisis user experience dalam penggunaan sistem Vclass Unila. Selama analisis dan penilaian sistem Vclass Universitas Lampung, akan digunakan metodologi Heuristic Evaluation untuk mengarahkan alur atau langkah-langkah yang akan dilakukan pada setiap fase. Baik dosen maupun mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Lampung ini. Pada pengujian evaluasi heuristik, Vclass Unila mendapat nilai severity rating (SR) 2 yang menunjukkan prioritas rendah untuk perbaikan, tetapi masih memerlukan perubahan untuk tiga heuristik, yaitu H1, H2, dan H4, dan lima heuristik, yaitu H5 , H6, H8, H9, dan H10, dengan SR 1, yang termasuk dalam kategori cosmetic problem dan tidak memerlukan perbaikan kecuali masih ada waktu, dan tidak ditemukan masalah pada H3 dan H7. Kemudian dilakukan pengujian kedua setelah perbaikan tampilan selesai dikerjakan dan mendapat nilai severity rating 0 pada tiap aspek

Full Text:

PDF

References


Agarina, M., Sutedi, S., & Karim, A. S. (2019). Evaluasi User Interface Desain Menggunakan Metode Heuristics Pada Website Sistem Informasi Manajemen Seminar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian 2019 IBI DARMAJAYA Bandar Lampung, 1, 192–200. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1718

Aniesiyah, A. N. (2018). Perancangan user experience aplikasi pelaporan keluhan masyarakat menggunakan metode human-centered design. Universitas Brawijaya.

Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). Analisis dan perancangan sistem administrasi dan transaksi berbasis client server. 1(2), 7–14.

Geasela, Y. M., Ranting, P.-, & Andry, J. F. (2018). Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Informatika, 5(2), 270–277. https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3741

Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1–83.

Nielsen, J., & Molich, R. (1990). Heuristic evaluation of user interfaces. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, April, 249–256. https://doi.org/10.1145/97243.97281

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Purnawan, I. P. A., Darma Putra, I. K. G., & Rusjayanthi, N. K. D. (2021). Evaluasi Usability dan User Experience LMS OASE Universitas Udayana Menggunakan Metode Tuxel 2.0. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 10(3), 177. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40670

Repository, D., Universitas, R., & Jember, U. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

SIMANJUNTAK, S. (2018). ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA (USER Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan EXPERIENCE) ENTERPRISE RESOURCE PLANNING User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi (ERP) MENGGUNAKAN USER Kasus: SAP Modul Sales Distribution, Material EXPERIENCE QUESTIONN. https://repository.its.ac.id/49487/

Sulistioyono, M. (2017). Evaluasi Heuristic Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Laboratorium Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Ilmiah DASI, 18, 37–43.

Zufar, Z., & Thaariq, A. (2021). Guna Mendukung Aktivitas Belajar Application of Life-Based Learning To Support. Balitbangda.Lampungprov, 9(2), 207–218.




DOI: https://doi.org/10.33365/jimasia.v3i1.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yohana Tri Utami, Agnes Pramudani, Anie Rose Irawati, Didik Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasia
E  : jimasia@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.