IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BERBASIS SMS GATEWAY (Studi Kasus : SMK NEGERI 1 Bandar Lampung)

Alfitra Tantowi, Donaya Pasha, Adhie Thyo Priandika

Abstract


SMK Negeri 1 Bandar Lampung adalah sebuah lembaga pendidikan yang terdapat di Jl. Pulau Morotai Jl. Pulau Morotai No.33, Jagabaya III, Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35122, Indonesia. SMK Negeri 1 Bandar Lampung memiliki program keahlian yaitu Tata Busana, Tata Boga, Teknologi Komunikasi dan Informasi, Animasi dan Bisnis dan Manajemen. Adapun dalam sistem pembayaran SPP di SMK Negeri 1 Bandar Lampung masih dilakukan secara manual, dimana Petugas Tata Usaha masih menggunakan buku untuk mencatat data pembayaran SPP. Hal ini menyebabkan penyimpanan data SPP masih berupa arsip, dimana media penyimpanan data seperti ini mudah terjadinya kerusakan atau kehilangan, serta arsip yang menumpuk membuat kinerja pegawa sekolah menjadi tidak baik.Dari masalah tersebut memuncul gagasan untuk membuat sesuatu aplikasi berbasis dekstop dan sms gateway, yang didalamnya dapat melakukan mengelola data transaksi pembayaran dan memberikan sebuah informasi kepada wali murid terkait transaksi SPP. Metedologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Waterfall. Bahasa pemograman yang digunakan Java Neatbeans, database menggunakan MySQL serta gammu sebagai tool untuk mengubungkan SMS Gateway.Didukung dengan adanya komputer pada lembaga. Dengan adanya aplikasi sistem informasi pembayaran SPP berbasis dekstop dan SMS Gateway ini diharapkan mempermudah dalam mengelola transaksi dan memberikan informasi kepada wali murid.


Full Text:

PDF

References


Ahdan, S., Priandika, A. T., Andhika, F., & Amalia, F. S. (2020). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MENGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID LEARNING MEDIA FOR BASIC TECHNIQUES OF VOLLEYBALL USING ANDROID-BASED AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY.

Ahdan, S., & Setiawansyah, S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android. Jurnal Sains Dan Informatika: Research of Science and Informatic, 6(2), 67–77.

Borman, R. I., Priandika, A. T., & Edison, A. R. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(3), 272–277.

Darwis, D., Pasaribu, A. F., & Surahman, A. (2019). Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 71–77.

Dinasari, W., Budiman, A., & Megawaty, D. A. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSI GURU BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: SD NEGERI 3 TANGKIT SERDANG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 50–57.

Irvansyah, F., Setiawansyah, S., & Muhaqiqin, M. (2020). Aplikasi Pemesanan Jasa Cukur Rambut Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 26–32.

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-DELIVERY MAKANAN BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: OKONOMIX KEDATON BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110.

Ma'rifati, I.S., 2015. Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Pada SMU XYZ. Jurnal Evolusi, pp.24-25.

Megawaty, D. A., Setiawansyah, Bakri, M., & Damayanti, E. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA. 14(2), 98–101.

Nugroho, N., Rahmanto, Y., Rusliyawati, R., Alita, D., & Handika, H. (2021). Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 328–336.

Purnama, E., 2014. Pembangunan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Siswa Madrasyah Aliyah Ma'arif Pacitan. p.2.

Putra, A. D. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA PENJUALAN HELM. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Rahmadani, E. L., Sulistiani, H., & Hamidy, F. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI JASA CUCI MOBIL (STUDI KASUS: CUCIAN GADING PUTIH). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 22–30.

Rahmanto, Y., Hotijah, S., & Damayanti. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE. JDMSI, 1(3), 19–25.

Setiawansyah, Sulistiani, H., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ). Jurnal CoreIT, 6(1), 50–56.

Somerville, 2011. Software Engginering. New York: Includes index.

Surahman, A., Wahyudi, A. D., Putra, A. D., Sintaro, S., & Pangestu, I. (2021). Perbandingan Kualitas 3D Objek Tugu Budaya Saibatin Berdasarkan Posisi Gambar Fotogrametri Jarak Dekat. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5(2).

Suri, M. I., & Puspaningrum, A. S. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERITA BERBASIS WEB. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 8–14.

Wulandari, Y., & Sulistiani, H. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI SMS GATEWAY BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA. 1(1), 43–50.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i2.921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alfitra Tantowi, Donaya Pasha, Adhie Thyo Priandika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.