APLIKASI PENCARIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG)

Mika Kurniawan

Abstract


Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang seluruh proses kegiatan yang sengaja dirancang sesuai dengan kurikulum, dilaksanakan dengan aturan[1]aturan yang ketat, bersungguh sungguh dalam pembinaan secara kontinue, berjenjang, dan berkesinambungan. Sekolah Menengah Pertama merupakan awal jenjang pendidikan sebelum nenuju Sekolah Menengah Atas. Jumlah Sekolah Menengah Pertama Negeri maupun Swasta yang terdapat di Kota Bandar Lampung sudah mencapai 128 sekolah, yang terdiri dari 34 SMP Negeri dan 94 SMP Swasta. Namun tidak semua orang mengetahui informasi dan lokasi yang ada di sekolah-sekolah tersebut, dalam penelitian ini aplikasi pencarian lokasi sekolah menengah pertama di kota bandar lampung diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi sekolah dan prestasi sekolah menengah pertama di kota bandar lampung. Aplikasi ini dibangun dengan pemograman java Android menggunakan software Android Studio sebagai editor bahasa pemograman java, ADT sebagai plugin untuk Android Studio, dan SDK untuk kepentingan development aplikasi berbasis Android. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu menghasilkan aplikasi pencarian lokasi sekolah menengah pertama di kota bandar lampung, aplikasi ini menyediakan informasi sekolah, lokasi sekolah, rute menuju lokasi sekolah dan prestasi sekolah menengah pertama yang ada di kota bandar lampung.


Full Text:

PDF

References


Ahdan, S., & Setiawansyah, S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android. Jurnal Sains Dan Informatika: Research of Science and Informatic, 6(2), 67–77.

Budiman, A., Wahyuni, L. S., & Bantun, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 24–30.

Darwis, D., Ferico Octaviansyah, A., Sulistiani, H., & Putra, R. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas Di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 159–170.

Darwis, D., Pasaribu, A. F., & Surahman, A. (2019). Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 71–77.

Dinasari, W., Budiman, A., & Megawaty, D. A. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSI GURU BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: SD NEGERI 3 TANGKIT SERDANG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 50–57.

Hidayatullah, A., Putra, S. J., & Qoyim, I. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Program Umroh pada PT Arqom Bayu Nusaba. Jurnal Sistem Informasi, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.15408/sijsi.v7i2.2168

Indra, R., Thyo, A., & Rahman, A. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming ( XP ) pada Aplikasi Investasi Peternakan Implementation of Extreme Programming ( XP ) System Development Method in Livestock Investment Aplication. 8(3), 272–277. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273

Irawan, A. A., & Neneng, N. (2020). SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA FATAHILLAH SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 245–253.

Irvansyah, F., Setiawansyah, S., & Muhaqiqin, M. (2020). Aplikasi Pemesanan Jasa Cukur Rambut Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 26–32.

Lestari, I. D., Samsugi, S., & Abidin, Z. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pekerjaan Part Time Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1).

Salahudin, M., & Rosa, A. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Setiawansyah, Sulistiani, H., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ). Jurnal CoreIT, 6(1), 50–56.

Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR FUTSAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1), 22–31.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26 (p. 334).

Sulistiani, H., & Wibowo, D. A. (2018). Perbandingan Algoritma A * dan Dijsktra dalam Pencarian Kecamatan dan Kelurahan di Bandar Lampung. Knsi 2018, 423–428.

Tarigan, D. P., Wantoro, A., & Setiawansyah. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MOBIL DENGAN FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS: PT CLIPAN FINANCE). TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1).

Yana, S., Gunawan, R. D., & Budiman, A. (2020). SISTEM INFORMASI PELAYANAN DISTRIBUSI KEUANGAN DESA UNTUK PEMBANGUNAN (STUDY KASUS: DUSUN SRIKAYA). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 254–263.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i2.919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mika Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.