SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PEREKRUTAN CALON PERAWAT

Yuli Ismail

Abstract


Sistem perekrutan perawat yang lebih cepat dan tepat, sedangkan proses perekrutan perawat masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem komputerisasi sebagai alat bantu yang akan menunjang proses perekrutan perawat yang lebih baik. Perancangan dan pembangunan sistem pendukung keputusan yang dapat mengurangi kesalahan dalam proses perekrutan perawat dan mempercepat untuk mendapatkan keputusan merupakan tujuan dari penelitian ini, sehingga kualitas perawat yang dihasilkan akan lebih baik. Sistem Pendukung Keputusan yang diimplementasikan pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .Net 2008 yang merupakan bahasa pemrograman yang mudah dimengerti oleh pengguna. Database yang digunakan adalah My SQL yang juga merupakan database open source, sehingga penerapan sistem tidak terbatas pada spesifikasi perangkat komputer tertentu. Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Pendukung keputusan yang terkomputerisasi dan dapat langsung diimplementasikan pada RS Bumi Waras. Sistem ini digunakan oleh bagian pelayanan medis yang berwenang dalam proses perekrutan perawat, sistem ini juga dapat bekerja lebih baik dari sistem sebelumnya yang masih manual karena dapat menghemat waktu dalam proses perekrutan perawat, penyimpanan calon perawat yang lebih baik, dan dapat mengurangi resiko kesalahan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., Prasetyawan, P., Darma, T., Sari, R., Studi, P., Informasi, S., Indonesia, U. T., Studi, P., Elektro, T., Indonesia, U. T., Akuntansi, P. S., & Indonesia, U. T. (2019). Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital. IIB Darmajaya, 38–45.

Alita, D., Fernando, Y., & Sulistiani, H. (2020). Implementasi Algoritma Multiclass SVM pada Opini Publik Berbahasa Indonesia di Twitter. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 86–91.

Andrianto, C. B., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2017). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Di Smp Muhammadiyah 2 Kalasan. Respati, 12(34).

Borman, R. I., & Helmi, F. (2018). Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Siswa Berprestasi Pada SMK XYZ. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 3(1), 17–22.

Eka, S., Putri, Y., & Surahman, A. (2020). PENERAPAN MODEL NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI POTENSI PENDAFTARAN SISWA DI SMK TAMAN SISWA TELUK BETUNG BERBASIS WEB. 1(1), 93–99.

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-DELIVERY MAKANAN BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: OKONOMIX KEDATON BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110.

Kurniawan, I., Setiawansyah, & Nuralia. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 9–16.

Maulida, S., Hamidy, F., & Wahyudi, A. D. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Penjualan (Studi Kasus: UD Apung). Jurnal Tekno Kompak, 14(1).

Megawaty, D. A., Setiawansyah, Bakri, M., & Damayanti, E. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA. 14(2), 98–101.

Nofriansyah, D., Kom, S., & Kom, M. (2015). Konsep data mining vs sistem pendukung keputusan. Deepublish.

Pasaribu, A. F. O., Darwis, D., Irawan, A., & Surahman, A. (2019). Sistem Informasi Geografis untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil di Wilayah Kota Bandar Lampung. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 1–6.

Permata, P., & Destaria, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 277–286.

Rahmanto, Y., & Fernando, Y. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Web (Studi Kasus : Smk Ma’Arif Kalirejo Lampung Tengah). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 11. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.339

Roger S. Pressman, P. D. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi. In Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. https://doi.org/10.1098/rspb.2012.1110

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184

Setiawansyah, Sulistiani, H., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ). Jurnal CoreIT, 6(1), 50–56.

Surahman, A., Wahyudi, A. D., Putra, A. D., Sintaro, S., & Pangestu, I. (2021). Perbandingan Kualitas 3D Objek Tugu Budaya Saibatin Berdasarkan Posisi Gambar Fotogrametri Jarak Dekat. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5(2).

Tarigan, D. P., Wantoro, A., & Setiawansyah. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MOBIL DENGAN FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS: PT CLIPAN FINANCE). TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1).

Wantoro, A., & Priandika, A. T. (2017). STATISTIK KLASIK DENGAN LOGIKA FUZZY ( TSUKAMOTO DAN MAMDANI ) STUDI KASUS : STMIK.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i2.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuli Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.