Rancang Bangun Sistem Pemenuhan Kebutuhan Gizi pada Orang Sakit Berbasis Android

Muhammad Abdurrachman Rizky, Ajeng Savitri Puspaningrum, Erliyan Redi Susanto

Abstract


Kebutuhan gizi yang tepat sangat penting bagi orang yang menderita penyakit kurang gizi, namun seringkali sulit untuk ditentukan dengan akurat. Bahkan bagi ahli gizi, diagnosa penyakit gizi pada pasien yang mengalami kekurangan gizi dapat menjadi suatu tantangan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat membantu orang sakit dalam memenuhi kebutuhan gizi mereka dengan lebih efektif dan efisien. Sistem yang dirancang bertujuan untuk memberikan rekomendasi gizi yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan pengguna. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Certainty Factor, yang memungkinkan sistem untuk menggabungkan pengetahuan dan aturan gizi yang telah ada untuk memberikan rekomendasi yang akurat. Metode Certainty Factor memungkinkan sistem untuk menghitung tingkat keyakinan pada setiap rekomendasi gizi, sehingga pengguna dapat memperoleh saran yang lebih personal dan sesuai dengan kondisi kesehatan mereka. Hasil Pengujian aplikasi ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan pemenuhan gizi bagi orang sakit dengan cara yang lebih mudah diakses dan terjangkau. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia kesehatan diharapkan dapat membantu mengatasi tantangan dalam pemenuhan gizi dan memperkuat upaya kesehatan secara menyeluruh demi dunia kesehatan yang lebih baik.-

Full Text:

PDF

References


. Desi Rahmayanti, Faiza Renaldi, A. I. H. (2017). Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 153. Prosiding SNATIF ke-4 Tahun 2017, pp. 153–160.

. Empiris, S., and Manufaktur, P. (2016). Diponegoro Journal of Economics. Jurnal Manajemen.

. Hend. (2006). Pengertian Unified Modeling Language (UML). Dipetik Oktober 05, 2015, dari http://adwintaactivity.blogspot.co.id/2012/04/definisiunified-modeling-language-uml.html

. Jogiyanto. (2017). Konsep Dasar Sistem Informasi. Konsep Dasar Sistem Informasi.

. Kamarudin, T., and Intan, E. S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemenuhan Kebutuhan Gizi Mikro Dan Gizi Makro Pada Anak Usia 1-12 Tahun Berbasis Android. Universitas AL Asyariah Mandar, Vol. 4, No. 2, September 2018.

. Nasrudin (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku Kesehatan, Kesehatan. Bandung: PT Panca Terra Firma.

. Paryanta, P., and Richard Saputro. (2021). Sistem Pakar Pemenuhan Gizi Bagi Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), Vol. 7, No. 1, Juni 2021, hlm. 44-54.

. Roger, S. Pressman, Ph.D. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7: Buku 1. Yogyakarta: Andi.

. Rosa, and Shalahuddin M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) 2014. Informatika, p. 29.

. Sardjoko, S. (2016). Pelaksanaan Pengentasan Kelaparan serta Konsumsi & Produksi Berkelanjutan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Palembang: Kementerian PPN/Bappenas.

. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

S. Setiawansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 54–62, 2022.

A. D. Wahyudi, “Penerapan Metode Evaluation based on Distance from Average Solution (EDAS) Untuk Penentuan Ketua OSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 33–45, 2022.

N. Nuroji, “Penerapan Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Penentuan Pegawai Terbaik,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 46–53, 2022.

G. Budianto, “Data Warehouse Modeling Using Online Analytical Processing Approach,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2022.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i3.3707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Abdurrachman Rizky, Ajeng Savitri Puspaningrum, Erliyan Redi Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.