Implementasi Web Service Sebagai Penyedia Informasi Untuk Aplikasi Pengelolaan Jadwal Pemberian Pakan Ikan (Studi Kasus: Pokdakan Karya Bersama)

Fredy Hermawan, A Ferico Octaviansyah Pasaribu

Abstract


Pokdakan Karya Bersama adalah kelompok pembudidaya ikan yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan. Kelompok ini didirikan pada tahun 2022 dengan tujuan untuk memfasilitasi warga Desa Jatimulyo yang berminat untuk belajar dan meningkatkan keterampilan budidaya ikan. Untuk membuat aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh banyak anggota, diperlukan sistem terpusat yang mobile mengelola data secara efektif. Sistem terpusat memungkinkan aplikasi mobile memiliki sumber data yang sama, sehingga setiap anggota dapat mengakses informasi yang konsisten. Pada penelitian ini, penulis mengajukan solusi dengan membangun web service sebagai sistem penyedia informasi terpusat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian extreme programming yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu planning, design, coding, dan testing. Penulis merancang pemodelan sistem seperti use case diagram, activity diagram, class diagram, dan CRC card. Selain itu, desain wireframe juga disertakan sebagai representasi visual dari sistem untuk pengujian integrasi. Penulis mengimplementasikan solusi dengan menggunakan framework Spring Boot dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk memastikan kualitas sistem, penulis melakukan tiga jenis pengujian yaitu black box testing, unit testing, dan system integration testing dengan membuat sistem lain yang terintegrasi dengan layanan yang diberikan oleh web service. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sistem layanan web yang mampu memberikan informasi untuk aplikasi mobile pembudidaya ikan. Sistem ini memiliki fitur utama dalam mengatur jadwal pemberian pakan ikan. Ada enam kategori layanan yang disediakan, yaitu otentikasi, otorisasi, komunitas, anggota, kumpulan, dan jadwal

Full Text:

PDF

References


R. Ramadhan and Purwanto, “IMPLEMENTASI WEB SERVICE REST API UNTUK MERANCANG APLIKASI PUSAT INFORMASI MASJID AL MUHAJIRIN LARANGAN INDAH,” 2022.

Edy, D. Adhinugraha, and L. Priko, “Implementasi Web Service pada Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android,” 2022.

M. Hasbi Maula and D. Kusumaningsih, “IMPLEMENTASI WEB SERVICE PADA APLIKASI PESAN PAKAIAN TOKO SNACKSNAKE COLLECTION,” 2022.

R. Rizal and A. Rahmatulloh, “RESTful Web Service untuk Integrasi Sistem Akademik dan Perpustakaan Universitas Perjuangan,” 2019.

A. B. Paksi, “IMPLEMENTASI WEB SERVICE UNTUK PERANCANGAN APLIKASI ZOOPEDIA BERBASIS ANDROID - Naskah Publikasi,” 2014.

R. Indra Perwira and B. Santosa, “IMPLEMENTASI WEB SERVICE PADA INTEGRASI DATA AKADEMIK DENGAN REPLIKA PANGKALAN DATA DIKTI,” 2017.

L. Ariyanti, M. Najib, D. Satria, and D. Alita, “SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN,” 2020. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

M. Ichsan and H. Hutrianto, “Implementasi Algoritma Vignere Chiper Berbasis QRCode Untuk Absensi Pegawai PT. Delameta Bilano Cabang Ruas Tol Palembang - Inderalaya,” Journal of Software Engineering Ampera, vol. 3, no. 3, pp. 170–185, Oct. 2022, doi: 10.51519/journalsea.v3i3.267.

D. Sukandar, “Biner : Jurnal Ilmu Komputer , Teknik dan Multimedia Perancangan Aplikasi Pendataan Pekerjaan Harian Pegawai Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming Studi Kasus : Mall Blok M Square (Trade Mall Agung Podomoro).”

A. Kurtubi and S. D. Putra, “APLIKASI PENGELOLAAN BARANG DENGAN METODE FIFO DAN EXTREME PROGRAMMING BERBASIS WEB,” J-Com (Journal of Computer), vol. 3, no. 1, pp. 31–35, Mar. 2023, doi: 10.33330/j-com.v3i1.2028.

I. A. Kaniya et al., “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RESTFUL API PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DOSEN UNIVERSITAS UDAYANA,” 2022.

W. Widarno and S. I. Putra, “Penyediaan Layanan Web Service Menggunakan Framework Lumen Untuk Berbagi Layanan Data (Studi Kasus : SITU Akademik Universitas Pasundan),” Pasinformatik, vol. 2, 2023.

R. Choirudin and A. Adil, “Implementasi Rest Api Web Service dalam Membangun Aplikasi Multiplatform untuk Usaha Jasa,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 18, no. 2, pp. 284–293, May 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.407.

I. Setiawan and P. Kabupaten Brebes, “Rancangan Layanan Informasi Anggota DPRD Kabupaten Brebes Berbasis W eb Service dengan SOAM L,” 2019.

R. Somya and T. Michelle Esmeralda Nathanael, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELATIHAN BERBASIS WEBMENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEBSERVICEDAN FRAMEWORKLARAVEL,” Jurnal TECHNONusa Mandiri, vol. 16, 2019

A. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi E-Voting pada Pemilihan Ketua Osis Berbasis Mobile,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 26–31, 2023.

E. Saputra, “Permodelan Data Warehouse Untuk Penjualan Ban Menggunakan Online Analytical Processing (OLAP),” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 12–18, 2023.

I. Oktaria, “Kombinasi Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) dan Rank Order Centroid (ROC) dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakulikuler,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i3.2720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fredy Hermawan, A Ferico Octaviansyah Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.