Implementasi Metode Extreme Programming untuk Sistem Pengajuan Tempat PKL Berbasis Web

Indita Pyatama Prabandanizwaransa, Imam Ahmad, Erliyan Redi Susanto

Abstract


Dalam mengelola pelaksanaan kegiatan PKL/magang, sekolah memerlukan sebuah sistem yang memberikan pelayanan yang baik kepada siswa maupun guru dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan pelayanan tersebut adalah dengan menerapkan sistem pengajuan pelaksanaan kegiatan PKL/magang berbasis web. Manfaat dari sistem pelaksanaan kegiatan PKL/magang berbasis web ini dapat digunakan di sekolah menengah kejuruan khususnya di SMK 2 MEI Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi khususnya pada pelaksanaan kegiatan PKL/magang di sekolah. Penelitian ini menggunakan extreme programming sebagai metode pengembangan sistem perangkat lunak dan menggunakan ISO 25010 untuk pengujiannya. Pengujian dilakukan oleh 6 responden yang terdiri dari dosen, guru dan siswa. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dihitung menghasilkan persentase 100% dalam hal fungsional, yang menunjukan bahwa sistem telah Sukses menurut fungsinya, serta dalam hal aspek kemudahan pengguna menghasilkan 96,83% yang menunjukan bahwa sistem telah Sangat Setuju.


Full Text:

PDF

References


M. R. Adani, “Pengenalan Apa Itu Website Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya,” 2020.

S. P. Sri Harnani, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19,” 2020.

Pijar, “Administrasi sekolah : Panduan lengkap oleh Pijar Sekolah,” 2021.

D. A. Megawaty, S. Setiawansyah, D. Alita, and P. S. Dewi, “Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan,” Riau J. Empower., vol. 4, no. 2, pp. 95–104, 2021.

J. S. Putri, A. T. Priandika, and Y. Rahmanto, “Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat Pada Kantor Balai Desa Jatimulyo,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 1–6, Jan. 2023, doi: 10.58602/chain.v1i1.1.

S. Setiawansyah, Q. J. Adrian, and R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 24–36, 2021.

T. Ardiansah, Y. Rahmanto, and Z. Amir, “Penerapan Extreme Programming Dalam Sistem Informasi Akademik SDN Kuala Teladas,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 44–51, 2023.

A. F. O. Pasaribu and A. D. Wahyudi, “Used Car Sale Application Design in Car Shoowroom Using Extreme Programming,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2023.

H. Sulistiani, A. Yuliani, and F. Hamidy, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Upah Lembur Karyawan Menggunakan Extreme Programming,” Technomedia J., vol. 6, no. 01 Agustus, 2021.

KuliahKomputer, “Metode Waterfall Menurut Pressman 2015,” 2018.

A. M. S and Junaedy, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN DATA KULIAH KERJA LAPANG PLUS MEMANFAATKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” Ilmiah, vol. 9, no. 2, p. 210, 2017.

Gamal Thabroni, “Extreme Programming (XP) – Definisi, Nilai, Tahapan,” 2022.

I. W. A. Arimbawa, M. Z. H, and S. E. Anjarwani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Menggunakan Extreme Programming,” J-COSSINE, vol. 1, no. 1, p. 17, 2017.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” INOVTEK Polbeng-Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.

N. Ayunandita and S. D. Riskiono, “PERMODELAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN EXTREME PROGRAMMING PADA MADRASAH ALIYAH (MA) MAMBAUL ULUM TANGGAMUS,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i2.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indita Pyatama Prabandanizwaransa, Imam Ahmad, Erliyan Redi Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.