Sistem Presensi Menggunakan QR Code Berbasis Mobile (Studi Kasus : UPT SMP Negeri 2 Gadingrejo)

Enda Tri Ifanda, Yuri Rahmanto, Ajeng Savitri Puspaningrum, Adiyta Yudistira, Rio Andika

Abstract


Presensi merupakan salah satu indikator yang dijadikan sebagai proses yang dilakukan di UPT SMP Negeri 2 Gadingrejo adalah rekap kehadiran siswa yang tertuang dalam presensi siswa. Penelitian ini bertujuan membuat rancangan sistem presensi siswa menggunakan sistem operasi android. Hal ini didasarkan pada perkembangan teknologi komunikasi yang sedang berkembang dengan sangat pesat. Perancangan sistem presensi dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang sudah banyak orang ketahui saat ini ialah Quick Respone Code yang biasa disingkat QR Code yang nantinya akan digunakan dalam proses presensi siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah sistem presensi ini dapat mempermudah guru dalam melakukan kegiatan presensi sehari-hari yang biasanya dilakukan secara konvensional dan aplikasi ini dapat terhubung langsung apabila siswa tidak hadir kesekolah tanpa ada keterangan melalui API WhatsApp yang sudah terhubung dengan aplikasi tersebut. Metode yang digunakan saat dilakukannya perancangan sistem ini adalah menggunakan Metode Extreme Programming yang perencanaan, perancangan, pengkodean dan pengujian. Framework yanag dipakai pada perancangan ini adalah menggunakan framework Laravel. Pengujian aplikasi sistem presensi ini menggunakan Pengujian ISO 25010 yang meliputi Functonality dan Usability sebagai pengukur keberhasilan aplikasi.


Full Text:

PDF

References


D. Alita and R. B. A. Shodiqin, “Sentimen Analisis Vaksin Covid-19 Menggunakan Naive Bayes Dan Support Vector Machine,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2023.

Amik Herningsih, A. F. O. Pasaribu, and Y. Rahmanto, “Aplikasi Panduan Wisata dan Toko Oleh-Oleh di Provinsi Lampung Menggunakan Google Street View dan Game Engine,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 1, no. 2 SE-Articles, pp. 65–76, May 2023, doi: 10.58602/dimis.v1i2.47.

R. Putra Setiawan, “Sistem Informasi Manajemen Presensi Siswa Berbasis Mobile Study Kasus Sma N 1 Sungkai Utara Lampung Utara,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 119–124, 2021.

D. A. Megawaty, S. Setiawansyah, D. Alita, and P. S. Dewi, “Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan,” Riau J. Empower., vol. 4, no. 2, pp. 95–104, 2021.

N. K. R. Kumala, A. S. Puspaningrum, and S. Setiawansyah, “E-DELIVERY MAKANAN BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: OKONOMIX KEDATON BANDAR LAMPUNG),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 105–110, 2020.

S. Ahdan and S. Setiawansyah, “Android-Based Geolocation Technology on a Blood Donation System (BDS) Using the Dijkstra Algorithm,” IJAIT (International J. Appl. Inf. Technol., pp. 1–15, 2021.

S. Setiawansyah, A. Surahman, A. T. Priandika, and S. Sintaro, Penerapan Sistem Pendukung Keputusan pada Sistem Informasi. Bandar Lampung: CV Keranjang Teknologi Media, 2023. [Online]. Available: https://buku.techcartpress.com/detailebook?id=1/penerapan-sistem-pendukung-keputusan-pada-sistem-informasi/setiawansyah-ade-surahman-adhie-thyo-priandika-sanriomi-sintaro

A. Pulungan and A. Saleh, “Perancangan Aplikasi Absensi Menggunakan QR Code Berbasis Android,” Peranc. Apl. Absensi Menggunakan QR Code Berbas. Android, vol. 1, no. 1, pp. 1063–1074, 2020.

A. Pulungan, “pemanfaatan QR Code dalam Memudahkan proses absensi siswa berbasis aplikasi mobile,” Masy. Telemat. Dan Inf. J. Penelit. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.17933/mti.v10i1.148.

T. Ardiansah, Y. Rahmanto, and Z. Amir, “Penerapan Extreme Programming Dalam Sistem Informasi Akademik SDN Kuala Teladas,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 44–51, 2023.

A. F. O. Pasaribu and A. D. Wahyudi, “Used Car Sale Application Design in Car Shoowroom Using Extreme Programming,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2023.

R. Indra, A. Thyo, and A. Rahman, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming ( XP ) pada Aplikasi Investasi Peternakan Implementation of Extreme Programming ( XP ) System Development Method in Livestock Investment Aplication,” vol. 8, no. 3, pp. 272–277, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.

H. Sulistiani, A. Yuliani, and F. Hamidy, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Upah Lembur Karyawan Menggunakan Extreme Programming,” Technomedia J., vol. 6, no. 01 Agustus, 2021.

D. Pasha, A. S. Puspaningrum, and D. I. E. Eritiana, “Permodelan E-Posyandu Untuk Perkembangan Balita Menggunakan Extreme Programming,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023.

Andris Silitonga and Dyah Ayu Megawaty, “Decision Support System Feasibility for Promotion using the Profile Matching Method,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 1, no. 2 SE-Articles, pp. 50–56, May 2023, doi: 10.58602/dimis.v1i2.46.

T. Ardiansah and D. Hidayatullah, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Web,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2023.

S. A. Widiana, S. Sintaro, R. Arundaa, E. Alfonsius, and D. Lapihu, “Aplikasi Penjualan Baju Berbasis Web (E-Commerce) dengan Formulasi Penyusunan Kode,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 35–43, Jan. 2023, doi: 10.58602/itsecs.v1i1.11.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i2.2597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Enda Tri Ifanda, Yuri Rahmanto, Ajeng Savitri Puspaningrum, Adiyta Yudistira, Rio Andika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.