Game Edukasi Pengenalan Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Berbasis Android

Nugraha Ashari, Dedi Darwis, Kisworo Kisworo

Abstract


Tujuan dari penelitian membangun aplikasi game no smoke berbasis android sehingga membantu anak-anak agar lebih memahami dan mengenal bahaya merokok dan mengenalkan pengetahuan tentang bahaya merokok bagi anak-anak sehingga dapat menambah wawasan mereka. dengan melalui aplikasi game no smoke berbasis android. Dalam pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming. Tahap perancangan menggunakan pemodelan UML yaitu: use case diagam, sequence diagram dan class diagram dan pembangunan sistem menggunakan bahasa pemograman yang digunakan dalam pembangunan sistem adalah C# (C sharp) dengan tools Unity 3D sebagai sebagai game engine. Berdasarkan hasil analisis karakteristik aplikasi game no smoke menggunakan model pengujian ISO 9126 yaitu karakteristik functionality diperoleh nilai 80% atau baik, karakteristik usability diperoleh nilai 80% atau baik. Berdasarkan kelayakan seluruh karakteristik kualitas maka didapat nilai rata-rata sebesar 80% atau baik. Dapat disimpulkan bahwa game no smoke sudah memenuhi karakteristik functionality dan karakteristik functionality dan layak untuk digunakan anak-anak sebagai sarana untuk lebih memahami dan mengenal bahaya merokok.

Full Text:

PDF

References


M. Munir, “Gambaran perilaku merokok pada remaja laki-laki,” J. Kesehat., vol. 12, no. 2, pp. 112–115, 2019.

A. H. G. PRATAMA, “EDUKASI BAHAYA MEROKOK UNTUK ANAK-ANAK DENGAN GAME MOBILE.” Unika Soegijapranata Semarang, 2018.

M. T. Febriyantoro, “Pemikiran irasional para perokok,” Eksis J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, 2016.

B. Darmanto and S. T. Endah Sudarmillah, “Pengenalan Dampak Buruk Pergaulan Bebas Melalui Game.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

B. Darmanto and E. Sudarmilah, “Game Edukasi Dampak Pergaulan Bebas,” PROtek J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 3, no. 2, pp. 51–56, 2016.

A. F. O. Pasaribu and A. D. Wahyudi, “Used Car Sale Application Design in Car Shoowroom Using Extreme Programming,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2023.

H. Sulistiani, A. Yuliani, and F. Hamidy, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Upah Lembur Karyawan Menggunakan Extreme Programming,” Technomedia J., vol. 6, no. 01 Agustus, 2021.

D. Pasha, A. S. Puspaningrum, and D. I. E. Eritiana, “Permodelan E-Posyandu Untuk Perkembangan Balita Menggunakan Extreme Programming,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023.

B. F. Ananda and A. Chusyairi, “Perancangan Game Virus Survivor untuk Pendidikan Kesehatan dengan Metode Game Development Life Cycle,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 78–84, 2019.

P. F. Imawati, A. Maulana, P. L. Azmi, R. S. Haniyfa, and T. Maheswari, “Ular Tangga Raksasa Sebagai Media Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SMPN 3 Arjasa, Kabupaten Situbondo,” J. KSM Eka Prasetya UI, vol. 1, no. 6, pp. 1–8, 2019.

A. D. Laksono, S. T. Yulian Findawati, and M. MT, “PEMBELAJARAN BAHAYA MEROKOK BERBASIS MULTIMEDIA”.

E. A. Yulianto, “Persepsi siswa smk kristen (ti) salatiga tentang bahaya merokok bagi kesehatan,” Act. J. Phys. Educ. Sport. Heal. Recreat., vol. 4, no. 5, 2015.

M. N. D. Satria, “Application of SAW in the Class Leader Selection Decision Support System,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 27–31, 2023.

S. Setiawansyah, A. T. Priandika, B. Ulum, A. D. Putra, and D. A. Megawaty, “UMKM Class Determination Support System Using Profile Matching,” Bull. Informatics Data Sci., vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2022.

W. Dinasari, A. Budiman, and D. A. Megawaty, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSI GURU BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: SD NEGERI 3 TANGKIT SERDANG),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 50–57, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nugraha Ashari, Dedi Darwis, Kisworo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.