HISTOGRAM CITRA JENIS BERAS DENGAN MENYERTAKAN KERTAS PUTIH UNTUK IDENTIFIKASI AWAL JENIS BERAS DENGAN MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN

Fajar Yumono, Dian Efytra Yuliana, Riska Nurtantyo Sarbini

Abstract


Kejadian beredarnya beras mengandung bahan kimia (klorin) untuk pemutih dipasaran dari pengadaan pihak yang tidak bertanggung jawab masih terjadi. Biasanya terjadi disaat ada gangguan stok penyedian beras dari pemerintah, kondisi perubahan perekonomian yang berpengaruh terhadap pasar dan atau bahkan disengaja adanya sindikat perdagangan untuk meraup keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Sebelum memutuskan jenis beras dengan penelitian yang lebih spesifik dari pihak yang instansi yang berwenang  perlu mendeteksi  awal ciri – ciri beras tersebut dengan pendekatan dari segi warna (image). Dengan histogram untuk ekstrasi citra dengan menyertakan kertas putih yang digunakan untuk mengetahui pengaruh interferensi warna lingkungan terhadap sampel yang dicapture. Sehingga didapatkan matriks nilai piksel RGB yang asli tanpa pengaruh interferensi warna lingkungan, data piksel RGB ini  selanjutnya dikonversi ke HSV. Dengan Jaringan Syaraf Tiruan backpropagation untuk identifikasi jenis beras diantaranya beras Giling, Premium, Raskin dan Pemutih. Hasil target identifikasi adalah 85% baik dari pelatihan maupun pengujian.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A.K, "Budidaya Tanaman Padi". Penerbit Kanisius.Yogyakarta, 1990. Arissa

Sediaoetama, A.D. 2009. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid II.Cetakan Keempat. Penerbit Dian Rakyat. Jakarta.

MK Tjiptaningdyah, I Restu, MP Hariyani, " Analisis Keamanan Pangan Pada Beras Kajian Dari Kandungan Klorin " Jurnal Teknoboyo 1(1) 2017.

Siti Aminah,Ismail Marzuki, Asmi Rasyid, "Analisis Kandungan Klorin pada Beras yang Beredar Di Pasar Tradisional Makassar Dengan Metode Argentometri Volhard", Seminar Nasional Pangan, Teknologi, dan Enterpreneurship Ekspolrasi Sumberdaya Alam Hayati Indonesia Berbasis Entrepreneurship Di Era Revolusi Industri 4.0 Makassar, 09 Februari 2019.

Dewan Ketahanan Pangan, "Indonesia Tahan Pangan dan Gizi 2015". Makalah

Workshop II Ketahanan Pangan di Jawa Timur. 2009.

Adelina Irmayani Lubis, " Kebiasaan Pencucian Raskin Dan Residu Zat Pemutih (Klorin) di Kelurahan Sidorame Timur Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan Tahub 2013" Skripsi Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara," http://repositori.usu.ac.id.

Aprilia Nurcahyani dan Ristu Saptono, “Identifikasi Kualitas Beras dengan Citra Digital,” Scientific Journal of Informatics Vol. 2, No. 1, Mei 2015.

Agus Supriatna Somantri, " Menentukan Klasifikasi Mutu Fisik Beras Dengan Menggunakan Teknologi Pengolahan Citra Digital Dan Jaringan Syaraf Tiruan," Jurnal Standardisasi Vol. 12, No. 3 Tahun 2010.

Adnan, Suhartini, dan Bram Kusbiantoro, “Identifikasi Varietas Berdasarkan Warna dan Tekstur Permukaan Beras Menggunakan Pengolahan Citra Digital dan Jaringan Syaraf Tiruan,” PENELITIAN PERTANIAN TANAMAN PANGAN VOL. 32 NO. 2 2013.

A. Kadir and A. Susanto, "Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra". Penerbit Andi, 2013.

Kusumadewi, Sri, " Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)". Graha Ilmu. Yogyakarta(2003).

T. Ohashi, Z. Aghbari and A. Makinouchi, "Hill-Climbing Algorithm for Efficient Color-Based Image Segmentation," in ASTED International Conference on Signal Processing, Pattern Recognition, and Applications, 2003.

W. H. K. W. Benedictus Yoga Budi Putranto, "Segmentasi Warna Citra dengan Deteksi Warna HSV untuk mendeteksi Objek," Jurnal Informatika, vol. 6, no. 2, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dian Efytra Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.