PENERAPAN AUGMENTED REALITY (TANAMAN OBAT KELUARGA) TOGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MARKER

Muhammad Alfian

Abstract


PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga) adalah organisai yang memungkinkan perempuan secara efektif memberdayakan dan berpatisipasi dalam pembangunan atas dasar kesetaraan. PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga) merupakan gerakan masyarakat yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan. pkk memiliki 10 program kerja yang salah salah satunya membahat tentang konsultasi sosialisasi tanaman obat indonesia, khususnya dibidang pangan dan kesehatan. Ibu rumah tangga di Kecamatan Bakung aktif mengikuti kegiatan bulanan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang dibina desa. Kegiatan PKK (Peningkatan Kesejahteraan Keluarga) biasanya lebih banyak mendapat materi konsultasi dari semua pihak. kegiatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) tidak pernah mendapatkan konsultasi dan pelatihan tentang pengolahan atau pengenalan TOGA (Tanaman Obat keluarga). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis mobile dengan menerapkan Augmented Reality yang berfokus pada Tanaman Obat Keluarga dengan memanfaatkan Smartphone, dengan materi yang bersumber dari seseorang yang mengetahui Tanaman Obat Keluarga.Pembangunan aplikasi media pembelajaran ini menggunakan software Blender untuk mengembangkan model 3D, software Unity untuk menyatukan komponen-komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi sehingga menciptakan suatu hasil akhir aplikasi mobile android. aplikasi Augmented Reality Tanaman Obat Keluarga.

Full Text:

PDF

References


COMER, Douglas E. The Internet book: everything you need to know about computer networking and how the Internet works. CRC Press, 2018.

Efendi, R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Tanaman Obat Berbasis Android. IKRA-ITH Informatika, 4(1), 35–45. Retrieved from rizalefendi248@gmail.com

Afkar, T. et al. (no date) ‘KABUPATEN GRESIK MELALUI KEGIATAN PENGOLAHAN TANAMAN OBATKELUARGA ( TOGA )’. Khotimah, K. (2014) ‘Aplikasi tutorial rukun umroh menggunakan augmented reality berbasis android’, 8(Kommit),pp. 279–282.

Indriani, R., Sugiarto, B. and Purwanto, A. (2016). ‘Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia’, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 73–78.

Setiawan, E., Syaripudin, U. and Gerhana, Y. A. (2016) ‘Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android’, Jurnal Online Informatika, 1(1), p. 28. doi: 10.15575/join.v1i1.8.

Efmi, Maiyana. (2018). “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa”. ManajemenInformatika, AMIK Boekittinggi.

Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart (2014:67). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting InformationSystems, Prentice Hall.

Kim. Y-Geun., Kim. W-Jung (2014). “Implementation of Augmented Reality System for SmartphoneAdvertisements”. Department of Computer Science Sunchon National University

Dewantara, Y.A.M. et al (2014:28). “Augmented Reality Book Pengenalan Gerak Dasar Tari Bali”. JurnalKarmapati, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Alfian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.