SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN UKM DI PROVINSI LAMPUNG BERBASIS WEB PADA UPTD PLUT KUMKM PROVINSI LAMPUNG (STUDI KASUS : UPTD PLUT KUMKM PROVINSI LAMPUNG)

Intan Anggrenia, Adhie Thyo Priandika, Yuri Rahmanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi atau sistem yang dapat Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran UMKM berbasis web di Provinsi Lampung. Masalah yang terjadi selama ini yaitu data UMKM yang banyak tetapi data yang disajikan masih dalam bentuk tabel Excel atau dalam bentuk formulir kertas. Dimana data UMKM sulit untuk melakukan pencarian data UMKM berdasarkan wilayah lokasi usaha. Maka untuk itu harus membuat sebuah sistem yang dapat mempermudah pencarian data UMKM berdasarkan wilayah. Manfaat dari sistem ini akan berdampak kepada masyarakat atau UMKM itu sendiri dalam melakukan pencarian UMKM berdasarkan wilayah dan kategori tertentu. Untuk itu dibutuhkan sebuah SIG Pemetaan Persebaran UMKM di Provinsi Lampung berbasis web yang menyajikan data dalam bentuk visualisasi geografis peta lokasi persebaran UMKM. Dari permasalahan diatas maka penelitian ini akan membuat SIG berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP, menggunakan framework Laravel. Untuk metode yang digunakan dalam SIG ini, maka menggunakan metode Waterfall. Pengujian akan menggunakan Black Box, hasil dari pengujian Black box testing menghasilkan nilai sebesar 100% dengan kesimpulan secara penggunaan sudah sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dan diterapkan di UPTD PLUT KUMKM.

Full Text:

PDF

References


Journal, C. S. (2020) ‘Sistem Informasi Geografis Pemetaan Usaha Kecil Menengah ( Ukm ) Diwilayah Kota Pekanbaru’, 9(2), pp. 117–123.

Krisna, P. and Nuratama, P. (2021) Usaha Mikro Kecil Menengah, Penerbit CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Noviyanti, C., Erawati, W. and Lesmana, H. (2020) ‘Rancang Bangun Pemetaan UMKM Kota Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis’, Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), pp. 56–63. doi: 10.31294/ijse.v6i1.8101.

Rosa and Salahuddin (2018) Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Setiawan, E. B. (2020) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB. Bandung: Informatika Bandung.

Susianto, D. and Guntoro, R. A. (2017) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Daerah Titik Rawan Kecelakaan Di Provinsi Lampung’, Jurnal Cendikia, 14(1), pp. 19–25.

Tyoso, J. S. P. (2016) Sistem Informasi Manajemen. 1st edn. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i4.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intan Anggrenia, Adhie Thyo Priandika, Yuri Rahmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.