SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN UMKM TERBAIK SE-PROVINSI LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDI KASUS : UPTD PLUT KUMKM PROVINSI LAMPUNG)

Riski Etien Malovi, Adhie Thyo Priandika, Suaidah Suaidah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi atau sistem yang dapat pemilihan UMKM Terbaik Se-Provinsi Lampung. UPTD PLUT KUMKM memiliki tugas untuk melakukan pengawasan yang dimana setiap UKM binaan akan dilakukan penilaian terhadap manajemen usaha dan produk yang dihasilkan agar ditentukan UKM Terbaik se-Provinsi Lampung yang akan menjadi role model percontohan bagi UKM lainnya yang ada di Provinsi Lampung. Sampai sekarang UPTD PLUT KUMKM hanya melakukan penilaian dengan satu indicator saja sehingga perhitungan secara manual sangat tidak objektif dan akan memunculkan nilai error yang tinggi dikarenakan hanya mengukur dari satu kriteria saja untuk lebih objektif maka pengukuran harus menggunakan beberapa kriteria lainnya yaitu Asset, Omset, Jumlah produksi, Jumlah permintaan, Tenaga kerja, Kualitas produksi, Jumlah penjualan dan Jumlah kerugian. Sehingga nantinya akan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan metode Simple Additive Weighting dalam melakukan perhitungan kriteria. Untuk membuat aplikasi ini menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall Sistem ini akan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, menggunakan framework Laravel dan database MySql. Hasil dari pengujian Black box testing menghasilkan nilai sebesar 100% dengan kesimpulan secara penggunaan sudah sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dan diterapkan di UPTD PLUT KUMKM.

Full Text:

PDF

References


Apriani, N. D., Krisnawati, N. and Fitrisari, Y. (2021) ‘Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode SAW Dalam Pemilihan Guru Terbaik’, Journal Automation Computer Information System, 1(1), pp. 37–45. doi: 10.47134/jacis.v1i1.5.

Diana (2018) Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Krisna, P. and Nuratama, P. (2021) Usaha Mikro Kecil Menengah, Penerbit CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Kusrini (2007) Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Sumirah, I., Abdillah, G. and Komarudin, A. (2018) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas UMKM Di Kabupaten Bandung Barat Menggunakan TOPSIS’, Sensitek 2018, pp. 72–76.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i4.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riski Etien Malovi, Adhie Thyo Priandika, Suaidah . .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.