MEDIA PEMBELAJARAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR

Try Susanto, Agung Prasetyo, Sampurna Dadi Riskiono

Abstract


Dengan berkembangnya  teknologi saat ini,  komputer memiliki  banyak manfaat dalam berbagai bidang umat manusia, yaitu informasi, pendidikan, bisnis, dan komunikasi. Begitu banyak teknologi yang diperlukan untuk mempromosikan aktivitas manusia sehari-hari, seperti aktivitas militer,  pemerintahan, perkantoran, hiburan, dan pendidikan. Salah satu teknologi komputer yang saat ini sedang dikembangkan adalah Augmented Reality (AR). Augmented  Reality   menggunakan kamera (real-time)  untuk menangkap gambar untuk menampilkan  model  visual,  yang  tentunya  dapat membantu aktivitas  dalam  sistem pengajaran.Teknologi Augmented Reality (AR) telah dikembangkan di iOS dan Android. Kedua  sistem  operasi mobile ini  tentu menjadi tren  di kalangan pelajar karena sangat mudah digunakan dan bergaya, terutama di platfrom Android.  Android  adalah sistem operasi berbasis Linux  yang telah dimodifikasi untuk digunakan pada smartphone dan tablet. Komponen elektronika  sangat cocok untuk teknologi  AR  karena siswa  kurang memahami bentuk dan fungsi dari komponen tersebut.  Karena  komponen elektronika merupakan suatu alat atau benda, maka merupakan bagian penunjang dari  rangkaian elektronika dan dapat bekerja sesuai dengan peruntukanya. Benda langsung dihubungkan ke papan sirkuit berupa PCB, CCB, Protoboard dan Veroboard dengan cara disolder Pada penelitian  ini  akan dikembangkan sebuah  aplikasi  pembelajaran untuk  mengenalkan komponen elektronika  kepada siswa  yang dapat menampilkan komponen elektronika secara digital menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi augmented reality ini menyediakan informasi dalam format multimedia  digital. Aplikasi ini  digunakan untuk memudahkan siswa  dalam mempelajari komponen elektronika melalui model 3D yang disajikan pada smartphone Android,  dan untuk bela jar di kelas untuk lebih  memahami deskripsi  komponen elektronika. Anda dapat mengaksesnya nanti. Teknologi augmented reality   memiliki  potensi besar sebagai sarana pendidikan dan menurut saya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa yang ingin mempelajari lebih jauh tentang komponen elektronika dan fungsinya melalui aplikasi ini.


Full Text:

PDF

References


PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25.

Rifa'i, M., Listyorini, T., & Latubessy, A. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada aplikasi katalog rumah berbasis android. Prosiding SNATIF, 267-274.

Aldi, A. (2017). Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis

Android. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 1-5.

Chowanda, A., & Kanigoro, B. (2011). Pengaturan Tata Letak Perabotan Rumah Dengan Augmented

Reality. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 202-207.

Mufida, M. A. K., & Harun, M. (2018). Aplikasi Pengenalan Hewan Lindung Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 1(1), 34-43.

Prabowo, R., Listyorini, T., & Susanto, A. (2015). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality dengan memanfaatkan KTP sebagai Marker. Prosiding SNATIF, 51-58.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Try Susanto, Agung Prasetyo, Sampurna Dadi Riskiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.