MEDIA PEMBELAJARAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR
Abstract
Dengan berkembangnya teknologi saat ini, komputer memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang umat manusia, yaitu informasi, pendidikan, bisnis, dan komunikasi. Begitu banyak teknologi yang diperlukan untuk mempromosikan aktivitas manusia sehari-hari, seperti aktivitas militer, pemerintahan, perkantoran, hiburan, dan pendidikan. Salah satu teknologi komputer yang saat ini sedang dikembangkan adalah Augmented Reality (AR). Augmented Reality menggunakan kamera (real-time) untuk menangkap gambar untuk menampilkan model visual, yang tentunya dapat membantu aktivitas dalam sistem pengajaran.Teknologi Augmented Reality (AR) telah dikembangkan di iOS dan Android. Kedua sistem operasi mobile ini tentu menjadi tren di kalangan pelajar karena sangat mudah digunakan dan bergaya, terutama di platfrom Android. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang telah dimodifikasi untuk digunakan pada smartphone dan tablet. Komponen elektronika sangat cocok untuk teknologi AR karena siswa kurang memahami bentuk dan fungsi dari komponen tersebut. Karena komponen elektronika merupakan suatu alat atau benda, maka merupakan bagian penunjang dari rangkaian elektronika dan dapat bekerja sesuai dengan peruntukanya. Benda langsung dihubungkan ke papan sirkuit berupa PCB, CCB, Protoboard dan Veroboard dengan cara disolder Pada penelitian ini akan dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran untuk mengenalkan komponen elektronika kepada siswa yang dapat menampilkan komponen elektronika secara digital menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi augmented reality ini menyediakan informasi dalam format multimedia digital. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari komponen elektronika melalui model 3D yang disajikan pada smartphone Android, dan untuk bela jar di kelas untuk lebih memahami deskripsi komponen elektronika. Anda dapat mengaksesnya nanti. Teknologi augmented reality memiliki potensi besar sebagai sarana pendidikan dan menurut saya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa yang ingin mempelajari lebih jauh tentang komponen elektronika dan fungsinya melalui aplikasi ini.
Full Text:
PDFReferences
PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25.
Rifa'i, M., Listyorini, T., & Latubessy, A. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada aplikasi katalog rumah berbasis android. Prosiding SNATIF, 267-274.
Aldi, A. (2017). Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis
Android. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 1-5.
Chowanda, A., & Kanigoro, B. (2011). Pengaturan Tata Letak Perabotan Rumah Dengan Augmented
Reality. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 202-207.
Mufida, M. A. K., & Harun, M. (2018). Aplikasi Pengenalan Hewan Lindung Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 1(1), 34-43.
Prabowo, R., Listyorini, T., & Susanto, A. (2015). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality dengan memanfaatkan KTP sebagai Marker. Prosiding SNATIF, 51-58.
DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Try Susanto, Agung Prasetyo, Sampurna Dadi Riskiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22
Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Email : jatika@teknokrat.ac.id
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.