IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI INTERAKTIF PADA TOKO SUNNY MEUBEL DI KOTA METRO BERBASIS ANDROID

Nasya Nabila Nasoba, Qadhli Jafar Adrian

Abstract


Bisnis properti saat ini semakin menunjukkan perkembangan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya permintaan pasar terhadap bisnis properti. Toko Sunny Meubel merupakan toko furniture yang memiliki pelanggan yang beraneka ragam sehingga membutuhkan media promosi yang baik guna menambah minat pelanggan untuk datang ke toko dan membeli produk. Augmented Reality dapat membantu konsumen untuk  melihat  detail  produk  yang  ditawarkan  dengan  menggunakan  smartphone  berbasis  Android  yang menangkap gambar melalui katalog yang dijadikan marker dengan menampilkan 3D produk yang dapat dilihat dari berbagai sudut. Adapun teknik untuk perancangan augmented reality ini adalah menggunakan metode marker based tracking. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Media Development Life Cycle (MDLC) yang dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian ini adalah mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dengan metode MDLC dalam penerapan media promosi interaktif  pada Toko Sunny Meubel. Aplikasi ini telah memenuhi standar pengujian ISO/IEC 25010, pada pengujian aspek functional suitability dengan skor 100% (sangat layak), pengujian aspek usabillity memperoleh skor 84,30% (sangat layak), dan pengujian aspek compatibility memperoleh hasil 100% (sangat layak)  karena aplikasi dapat berjalan  dengan  baik pada tipe perangkat smartphone yang berbeda.


References


Fernando, Y., Ahmad, I., Azmi, A., & Borman, R. I. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog

Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT . San Esha Arthamas. 5, 62–71.

Heriyadi, Billah, M. T., & Dayat. (2016). Tingkat Partisipasi Anggota Kelompoktani Dalam Penyusunan Rencana Definitif Kelompok dan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Padi Sawah (Oryza sativa L.) Di Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 67–81.

Karundeng, C. O., Mamahit, D. J., & Sugiarso, B. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20852

Muntahanah, M., Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra). Pseudocode, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.81-89

Pande Putu Gede Putra Pertama. (2018). Implementasi Teknologi Augmented Reality Media Promosi Pada

STMIK STIKOM Bali Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 86(3), 67–72. Qadriyanto, M., & Bahri, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3d Furniture Interior Rumah

Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Markerless Berbasis Android. Jurnal Coding, 06(03),

–246.

Wira, P., & Rohmah, N. (2017). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMASARAN FURNITURE HOME DESIGN UWITAN BERBASIS ANDROID. 1–14.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nasya Nabila Nasoba, Qadhli Jafar Adrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.