RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG
Abstract
E-learning muncul sebagai solusi utama atas banyaknya masalah yang ada seperti yang terjadi sekarang ini yaitu adanya situasi pandemi COVID-19. SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung adalah sekolah berstatus swasta yang berada di provinsi lampung yang saat ini juga terkena dampak dari keputusan pemerintah yakni dialihkannya kegiatan belajar mengajar menjadi dirumah. Hal tersebut menyebabkan masalah terutama pada alat atau aplikasi sistem yang nantinya digunakan agar selalu dapat membantu menjadikan pembelajaran tetap efisien. Merancang sistem informasi pembelajaran online (e-learning) dengan menggunakan perancangan sistem secara fungsional, yaitu menggunakan usecase diagram, activity diagram, dan class diagram. Adapun untuk interface (tampilan sistem) yaitu dengan menggunakan aplikasi Frame Box dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP sedangkan database menggunakan SQLYog dengan menggunakan metode pengembangan sistem Extreme Programming. Hasil penerapan yang telah dilakukan dengan uji ISO/IEC 25010 maka mendapat hasil dari perhitungan. Hasil aspek Functionality Suitability sebesar 100%, Performance Efficiency sebesar 89%, Usability sebesar 82,5%, dan Compatibility berjalan dengan baik ketika diuji dengan 3 buah smartphone berbeda.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewi, R. 2015. Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Pada SMA / SMK Dharma Bakti Medani. Informasi, Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Medan.
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Setiadi, A., & Alfiah, F. 2016. Sistem Penjualan Spare Part Toko AJM Motor Menggunakan CI Berbasis Arsitektur MVC.
Jurnal SIMETRIS.
Shodiq, M., & Mustaqim. 2017. Kegunaan Pengujian Sistem E-Learning: Studi Kasus Pada Sistem E-Learning Perguruan
Tinggi TARUC, Kampus Cabang Johor. Fakultas Sekolah Pascasarjana, Universitas Diponegoro. Semarang. Sidik, B. 2012. Framework Codeigniter. Bandung: Informatika.
Suryantara, I. G. N. 2017. Merancang Aplikasi dengan M etodologi Extreme Programmings. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Riki Nuralim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22
Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Email : jatika@teknokrat.ac.id
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.