MEDIA PEMBELAJARAN SENAM DAN YOGA UNTUK IBU HAMIL DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Beni Kurniawan

Abstract


Kehamilan adalah peristiwa kodrati bagi perempuan, seorang perempuan akan mengalami perubahan dalam dirinya baik fisik maupun psikologis. Selama proses itu berlangsung terjadi perubahan secara fisik maupun psikologi yang akan dialami oleh wanita hamil. Selama proses tersebut akan terjadi ketidaknyamanan dan keluhan, hal tersebut dapat diringankan dengan melakukan senam hamil, namun dikarenakan pandemic kegiatan tersebut dihentikan. Tujuan penelitian ini adalah  membuat ibu hamil dapat melakukan senam ibu hamil tampa perlu mentor dirumah , ibu hamil dapat mempelajari senam ibu hamil dengan mudah, baik dan benar, menerapkan Augmented Reality (AR) dalam bidang senam dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cicle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu Concept , Design, Material Collection, Assembly, Testing dan Distribution. Pengujian penelitian menggunakan Blackbox   yaitu pengujian yang menguji fungsional aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi senam hamil animasi 3D dengan metode MDLC.


References


Dewi, A. R., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 471. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.471-480

Rahmawati, A., & Wulandari, R. C. L. (2019). Influence of Physical and Psychological of Pregnant Women Toward Health Status of Mother and Baby. Jurnal Kebidanan, 9(2), 148–152. https://doi.org/10.31983/jkb.v9i2.5237

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Steven, F., Liliana, & Gunadi, K. (2015). Implementasi Pengenalan Multiple Marker untuk Sistem Augmented

Reality. 1–5.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Beni Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.