IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI SIGEH PENGUNTEN
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agus, M., Sodik, K., Handaru. (2019). Rancang Bangun Aplikasi E-Culture Topeng Cirebon Dengan Augmented Reality
Berbasis Android. Teknik Informatika, STIKOM Poltek Cirebon., Vol. 1, No. 1, pp. 66-78.
Arsyad, A (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Cohen, L., Manion, L., dan Morrison. K. (2007). Research Methods in Education (6th ed). London, New York: Routllege
Falmer
Efmi. M. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Manajemen Informatika, AMIK
Boekittinggi.
Eko, S. W., dan Yokhebed (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri Di Kota
Pontianak.
Fata, N. K., Sugeng, M. (2019). Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Dasar Islam Melalui Kuesioner.
INFOKAM Nomor II Th. XV/September/2019.
Fhadilla. M., Radityo, A. N., dan Dodon, T. N. (2016). Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone
Android. Kumpul. J. Ilmu Komputer., vol. 4, no. 1, pp. 82-91.
Figur, R. F. (2015). Wayang Onthel Komunitas Old Bikers Velocipede Old Classic (VOC) Magelang. Pengkajian Seni
Pertunjukan dan Seni Rupa, Universitas Gajah Mada., Vol. 1, No. 2: 179-193.
I Made, A. D., Padma, N. C., Made, W, A. K., I Gede, M. D. (2014:28). Augmented Reality Book Pengenalan Gerak Dasar
Tari Bali. Jurnal Karmapati, vol. 3(1).
Imawati. Y., Chamidah, A. N., (2018). Efektivitas media berbasis augmented reality terhadap kemampuan anak tunarungu
mengenal kebudayaan Yogyakarta, JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14 (1), 2018, 26-34.
Kim, Y. G., Kim, W. J. (2014). Implementation of Augmented Reality System for Smartphone Advertisements. Department
of Computer Science Sunchon National University
Marshall, B. R., dan Paul, J. S. (2014:67). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems, Prentice Hall.
Meyti, E. A., dan Robie. G. (2016). Augmented Reality Sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala Dengan Animasi 3D
Menggunakan Metode Single Marker. J. INFOTEL – Inform. Telekomun. Elektron., vol. 7, no. 1, p. 47.
Moh Aswar, K. H., Brave, A. S., dan Dringhuzen, J. M. (2019). Tarian Adat Kabela Daerah Bolaang Mongondow Dalam
Kartu Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika vol 14 no. 1, ISSN : 2301-8364.
Nurmahni, H. (2019). Pengembangan Alat Peraga KIT Uji Fotosintesis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII6 Di MTSN 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019.
Pungki, W. P. (2016). Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Melalui Pendekatan Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,
dan Menari (PAIKEM) Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 7 Metro Tahun Ajaran 2014/2015.
Pressman, R. S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.
Ria, A. (2018). Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gerak Dasar Seni Tari Merak. Informatika Universitas
Siliwangi Tasikmalaya.
Remo, P., Tri, L., dan Ahmad, J. (2015). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality Dengan
Memanfaatkan KTP Sebagai Marker.
Satria, I. W. (2019). Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Menggunakan Metode Algoritma Fast Corner
Detection Berbasis Android. Jurnal Komputer dan Aplikasi Volume 07, No. 01, hal. 1-10, ISSN : 2338-493X.
Sonia, A, N. S. (2017). Kajian Etnokoreologi Tari Sigeh Pengunten Sebagai Identitas Masyarakat Lampung. Universitas
Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpusatakaan.upi.edu.
Wahyu, E. S. (2018). Proses Pembelajaran Gerak Tari Sigeh Pengunten Pada Siswa Kelas 5 Di SDN Mandah Lampung Selatan.
Wanda, L., Sri, R., Fani, D. S., dan Surya, P. (2019, Juli - September Vol. 29 No. 3). Augmented Reality PASUA PA Sebagai
Alternatif Media Pembelajaran Seni Pertunjukan 4.0.
Zakky. (2018). Pengertian Strategi Pembelajaran Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Tersedia pada laman web:
https://www.zonareferensi.com/pengertianstrategi-pembelajaran/. Diakses Rabu, 03 Juli 2018 Pukul 19.35 WIB:
DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fatchur Rohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22
Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Email : jatika@teknokrat.ac.id
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.