Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Grosir Sembako Pada Toko LA-RIS

Muhammad Iqbal Maliki

Abstract


E-commerce atau dalam bahasa Indonesia yaitu perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Pada saat ini, Toko LA-RIS belum menggunakan fasilitas e-commerce tersebut sehingga kesulitan dalam menawarkan produk kepada konsumen yang berada di luar kota. Selain itu, juga bisa mengakibatkan dampak yang berpengaruh kepada proses penjualan produk yaitu ketidaktahuan konsumen yang berada di luar kota akan keberadaan Toko LA-RIS. Proses penjualan Toko LA-RIS akan hanya dilakukan apabila terdapat konsumen yang datang ke toko tersebut, sedangkan banyak konsumen yang di luar kota yang tidak tahu keberadaan Toko LA-RIS. Untuk membangun sistem e-commerce ini, alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram Use case diagram, Activity Diagram, dan Class Diagram. Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Dengan adanya e-commerce tersebut diharapkan dapat memudahkan konsumen memperoleh informasi mengenai spesifikasi produk yang ditawarkan oleh Toko LA-RIS. Memudahkan toko LA-RIS dalam menawarkan atau menjual produknya kepada konsumen yang berada di luar kota. Konsumen yang berada di luar kota dapat mengetahui keberadaan toko LA-RIS dengan menggunakan layanan e-commerce ini serta bisa memesan tanpa harus datang ke toko. Memudahkan konsumen dalam proses pembayaran karena terdapat beberapa pilihan dalam proses pembayaran tersebut. Dengan adanya sistem pengolahan atau manajemen data produk yang baik serta dilengkapi keamanan, maka akan mendukung kinerja dari sistem tersebut.


Full Text:

PDF

References


Aditya Rahmatullah Pratama. 2016. Belajar UML – Sequence Diagram. https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram57fdb1a5ba777-17044. Diakses pada tanggal 7 April 2020

Adi Sulistyo Nugroho. ( 2016 ). E-commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: EKUILIBRIA

Alifvia Arvi N., Kodrat Iman Satoto, Rinta Kridalukmana, (2018), Perancangan Aplikasi Toko Online “XO-LICIOUS” Berbasis Mobile Web pada Sistem Operasi Android, Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Unviersitas Diponegoro.

Ahmad Imaduddin, (2018). Menjadi Android Developer Expert, DICODING.

Clune, T.L., R.B. Rood. 2011. Software Testing and Verification In ClimateModel

Development. IEEE Journal, Focus: Climate Change Software.

C, K, Laudon., Traver. (2017). E-commerce 2014, 10th Edition. Pearson

Hendi Wijaya, Wellia Shinta Sari, (2015) Rancang Bangun Mobile Commerce Berbasis Android Pada Toko Duta Buku Semarang, Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer.

Kasmawi, Diah Anggraini Fitri, Mansur, Widya Syahputri (2019), Aplikasi Jual Beli Online Produk Usaha Kecil dan Menengah Berbasis Android, JURNAL INSTEK.

Marjito, Gina Tesaria, (2016) Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android, Jurnal Computech & Bisnis.

Muhammad Faisal Widad, (2017) Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android di Toko Busana Fasial Collection, Fakutlas Teknik Komputer UKI, Bandung.

Rosa A.S dan M.Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa PerangkatLunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung.

Shalahuddin, M. dan Rosa A.S., 2015. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Modula. Bandung.

STMIK. 2015. Buku Panduan Penulisan Proposal Laporan Akhir Studi & Skripsi, Teknokrat. Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Iqbal Maliki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.