E-COMMERCE TOKO FISAGO.CO BERBASIS ANDROID

wayan windane windane, Lathifah Lathifah

Abstract


Perkembangan internet yang semakin pesat dalam satu dekade belakangan ini ternyata secara signifikan mengubah perilaku pengusaha dalam memasarkan produk barang dan layanannya, dengan adanya teknologi informai yang dapat memudahkan produsen dalam memasarkan dan menawarkan produk mereka. E-commerce (Perdagangan Elektronik) merupakan saluran online yang dapat dijangkau seseorang melalui komputer, yang digunakan oleh pebisnis dalam melakukan aktifitas bisnisnya dan digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi dengan menggunakan bantuan komputer yang dalam prosesnya diawali dengan memberi jasa informasi pada konsumen dalam penentuan pilihan. Adapun kendala dengan sistem yang sedang berjalan pada toko Fisago.co pada saat pelanggan melakukan pemesaan barang pelanggan harus menanyakan apakah stok barang tersedia atau tidak kemudian ketika pelanggan mengkonfirmasi sudah melakukan pembayaran barang terkadang tertimpa dengan pelanggan lainnya yang akan melalukan pembelian barang. Dengan pelayanan semacam ini menyebabkan terhambatnya suatu transaksi kepada pelanggan. Dengan dibuatkannya sebuah sistem aplikasi android menggunakan bantuan software android studio dapat mengatasi permasalahan yang ada pada toko fisago.co tentunya dalam penjualan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan baik pengujian alpa dan beta menggunakan aspek pengujian ISO 25010, pengujian aplikasi E-Commerce Fisago.co pada functionlity suitability mendapatkan skor 94% dan untuk pengujian usability mendapatkan 68% dari sisi pengguna dengan kriteria “Baik” kemudian dari sisi admin mendapatkan skor 92% dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada Pengujian aspek portability dengan spesifikasi smartphone yang berbeda dapat terinstal dan dapat berjalan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Abdi Pandu Kusuma, K. A. (2017). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN BAJU ONLINE BERBASIS ANDROID. Jurnal Antivirus, Vol. 11 No. 1 Mei 2017, 1-11.

Alfon Borneo Simanjuntak, Y. A. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI E – COMMERCE UNTUK PENJUALAN KAMERA DAN AKSESORIS (Studi Kasus: Monggopro, Yogyakarta).

Andi Dwi Riyanto, K. M. (2016). APLIKASI M–COMMERCE BERBASIS ANDROID PADA ZONA KOMPUTER BANJARNEGARA. Jurnal Telematika Vol 9 No. 1 Februari 2016, 67-77.

Arif Tirtana, A. Z. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Guna Meningkatkan Pendapatan UMKM. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia Vol.14, No. 2, Tahun 2020, 101-108.

duniafintech.com. (2018, maret 24). E-COMMERCE, MIDTRANS PAYMENT GATEWAY. Retrieved from duniafintech: https://duniafintech.com/midtrans-payment-gateway-e-commerce/

Erwin Yulianto, H. H. (2019). RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS. Media Informatika Vol.18 No. 1 2019, 19-36.

Fatkhurohman, F. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN GENSET.

Fergiawan Listianto, F. R. (2017). APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB MOBILE PADA INDUSTRI KONVEKSI SERAGAM DRUMBAND DI PEKON KLATEN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) Volume 8, Nomor 2, Desember 2017, 146-152.

Jogiyanto, H. (2010). Analisa dan Desain Sistem Informasi.

Lathifah, S. (2020). Penerapan Enterprise Architecture Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan TOGAF Di Universitas X Palembang. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, .7, 647-655.

Lathifah, S. M. (2021). PEMODELAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TOGAF PADA UNIVERSITAS X PALEMBANG. Jurnal TEKNOINFO, 7.

Pahlevy. (2010). Pengertian Flowchart dan definisi data. Retrieved from https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/09/flowchart.html

Rosadi, M. &. (2015). PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE (STUDI KASUS: DISTRIBUTOR COKLAT BANDUNG). Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 9, No. 1, Juni 2015, 58-72, 58-72.

Sandi Ardiansyah, M. S. (2019). RANCANG BANGUN E-COMMERCE TOKO FURNITURE. Jurnal Informatika, Volume 8, No.1, Juni 2019, 23-31.

Sandro Alfeno, W. I. (2018). APLIKASI MOBILE COMMERCE (M-COMMERCE) BERBASIS ANDROID HYBRID. 169-179.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.

Sunny Samsuni, E. E. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE PENJUALAN PRODUK KECANTIKAN DAN FASHION PADA AC FASHION STYLE. Jurnal PROSISKO Vol. 5 No. 2 September 2018 , 79-86.

Warsita, B. (2011). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik Vol. XV, Nomor 1, Juli 2011, 84-96.

Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners, Elex Media Komputindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 wayan windane windane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.