Media Pembelajaran Pengenalan Kunci Dasar Gitar Akustik Menggunakan Construct 2

surya prambudi, Sampurna Dadi Riskiono

Abstract


Gitar adalah instrumen musik yang sangat umum dimainkan diberbagai kalangan masyarakat. Gitar terdiri dari dua macam dari segi sumber suaranya, yang pertama adalah gitar bolong yang sumber suaranya berasal dari resonansi tabung gitar tersebut, dan yang kedua adalah gitar elektrik yang sumber suaranya berasal dari getaran senar yang disalurkan melalui kayu gitar, lalu diterima komponen elektronik pada gitar, kemudian disalurkan kepengeras suara atau amplifier, dalam bermain gitar, pengetahuan akan kunci gitar atau dikenal dengan chord sangat diperlukan. Bagi orang yang masih awam atau pemula, berlatih dan mempelajari gitar khususnya chord gitar yang bersifat belajar sendiri tidaklah mudah. Minimnya pengetahuan dan pengalaman menyulitkan pemula dalam mengetahui benar atau tidaknya chord yang dimainkan pada saat pemula berlatih sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran untuk siswa pemula kelas gitar di Pondok Daud Musik Bandar Lampung agar dapat lebih menarik dalam mengenalkan kepada mereka tentang pengenalan kunci dasar gitar dan bagian-bagian gitar dengan harapan adanya peningkatan minat belajar pada siswa dalam hal pengenalan chord dan bagian-bagian gitar. metode pengembangan sistemnya yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan membangun aplikasi pembelajaran ini dengan menggunakan tools Construct 2. Pada penelitian akhir ini, menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat membantu siswa pemula dalam belajar chord dasar gitar dan bagian-bagian gitar. Hasil pengujian peningkatan minat belajar mengalami peningkatan 22% sebelum mengunakan aplikasi 40% dan sesudah mengunakan aplikasi 62%, hasil pengujian kualitas aplikasi menggunakan ISO 9126 yang meliputi karakteristik functionality usability, portability didapatkan hasil pengujian functionality diperoleh nilai presentase sebesar 99%, hasil pengujian usability diperoleh nilai presentase sebesar 90% dan hasil pengujian portability diperoleh nilai presentase sebesar 75%.

Full Text:

PDF

References


R. S. Hamsyah and H. Hindarto, “Skripsi Rancang Bangun Aplikasi Go-Ban Untuk Mencari dan Memanggil Teknisi Tambal Ban Menggunakan Google Maps Api,” Director, 2018.

E. Irwansyah, “Edy Irwansyah,” no. June 2013, 2013.

K. Hernawati, “Pengenalan Teknologi Sejak Dini Dengan Belajar Sambil Bermain Melalui Smartphone,” Pros. Kontribusi Pendidik. Mat. dan Mat. dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa, 2012.

Hermawan, “Pengertian Android,” pp. 4–20, 2010.

M. O. Pratama, “Google Maps API,” ilmukomputer.com, 2012. .

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. 2010.

R. A. . M. SHALAHUDDIN, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur. 2018.

International Organization for Standardization, “ISO 9126: Software Engineering – Product quality,” Iso/Iec Fdis 9126-1. 2000.

Zulkarnais, A., Prasetyawan. P., Sucipto. A., “Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android”. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), p. 96. 2018.

Harahap, A., Sucipto, A., Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI),Vol. 1(1) p. 20. 2020.

Sucipto, A., Adrian, Q.J. and Kencono, M.A., “Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat”. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(1), pp.40-45. 2021.

Febriza, M.A. and Adrian, Q.J., “Penerapan AR Dalam Media Pembelajaran Klasifikasi Bakteri”. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), pp.10-18. 2021.

Nediansyah, A.A.I., “Implementasi Global Position System (GPS) dan Peta Digital pada Aplikasi Mandose Untuk Pencarian Perangkat Mobile”. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(2), pp.7-13. 2020.

Adrian, Qadhli Jafar. "Game Edukasi Pembelajaran Matematika untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android." Jurnal Teknoinfo 13.1 (2019): 51-54 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v2i1.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.