MODIFIKASI ALGORITMA GIFSHUFFLE UNTUK PENINGKATAN KUALITAS CITRA PADA STEGANOGRAFI

Dwi Andika, Dedi Darwis

Abstract


Komunikasi adalah hal yang penting bagi manusia. Semakin berkembangnya teknologi banyak aplikasi berbasis internet dan mobile yang memudahkan para pengguna untuk saling berkomunikasi. Komunikasi yang dikirim melalui internet umumnya dapat mengalami pemotongan atau penyadapan. Karena itu penting untuk mengamankan pesan yang disampaikan. Salah satucara yang efektif dalam mengamankan pesan adalah steganografi. Steganografi secara sederhana adalah cara menyembunyikan keberadaan pesan melalui sebuah media. Diantara media yang digunakan sebagai penampung adalah gambar. Salah satu cara untuk mengamankan informasi adalah menggunakan teknik steganografi menggunakan algoritma gifshuffle, akan tetapi algoritma ini memiliki keterbatasan dalam penampungan data. Tujuan dari penelitian ini adalah mengamankan pesan teks menggunakan teknik steganografi dengan daya tamping ukuran pada cover image dapat lebih besar lagi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukanya itu gambar yang disisipkan pesan teks dapat menampung ukuran data yang relative lebih besar. Dalam hasil pengujian maka penulis ingin mengimplementasikan Algoritma GifShuffle untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Diharapkan dengan pengembangan pada teknik ini kapasitas penyimpanan pada algoritma GifShuffle dapat disisipkan panjang pesan karena jumlah warna pada palet warna citra GIF adalah maksimal 256 warna.

Full Text:

PDF

References


Artz, D. and National, L. A. (no date) ‘Steganography : Hiding Data within Data’, Digital Steganography.

Candra, R. and Santi, N. ‘Teknik Perbaikan Kualitas Citra Satelit Cuaca dengan Sataid’, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 16(2), pp. 101–109.2011.

Darwis, D. ‘Teknik Steganografi Untuk Penyembunyian Pesan Text Menggunakan Algoritma Gifshuffle’, Jurnal Teknoinfo. 2017.

Hardiyanti, S., Musdalifah, S. and Hendra, A. ‘Enkripsi Affine Cipher Untuk Steganografi Pada Animasi Citra Gif’, Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan. 2012.

Jamasoka, S. ‘Perbandingan Steganografi pada Citra Gambar Graphics Interchange Format dengan Algoritma Gifshuffle dan Metode Least Significant Bit’, kriptografi. 2012.

Kessler, G. C. ‘An Overview of Steganography for the Computer Forensics Examiner’, Forensic Science. doi: 10.1016/B978-0-12-385510-7.00002-3. 2004.

Liu, M., Guo, Y. and Zhou, L. ‘Text Steganography Based on Online Chat’. doi: 10.1109/IIH- MSP.2009.318. 2009.

Mulya, M. ‘Penyimpanan kunci kriptografi menggunakan steganografi dengan algoritma gifshuffle’, Jurnal Jupiter. 2015.

Munir, R. ‘Pengantar Kriptografi’, p. 16. 2008.

Putra, D. ‘Pengolahan citra digital’. 2010.

Rahman, T. M., Shiddiqi, A. M. and Studiawan, H. ‘Implementasi Kriptografi dan Steganografi pada Media Gambar dengan Menggunakan Algoritma Blowfish dan GifShuffle’. 2012.

Shawn D. Dickman (2007) ‘An Overview of Steganography’, Journal of Computing. doi: 10.1016/B978-0-12-385510-7.00002-3.

Verma, A. and Anand, S. K. ‘Steganography in Palette Based Images’. 2002.

Jogiyanto, Hartono M. Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i2.614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.