OPTIMASI ARSIP PENYIMPANAN DOKUMEN FOTO MENGGUNAKAN ALGORITMA KOMPRESI DEFLATE (STUDI KASUS :STUDIO MUEZZART)

Ahmad Bahrudin, Permata Permata, Jupriyadi Jupriyadi

Abstract


Keberadaan sebuah arsip bagi suatu organisasi merupakan hal yang penting, karena di dalam arsip tersebut terkandung informasi-informasi yang penting dan memiliki nilai guna bagi organisasi. Studio Muezzart masih melakukan penyimpanan foto disimpan kedalam sebuah folder pada handphone dengana demikian kurangnya keamanan data serta besarnya kapasitas foto yang disimpan sehingga jika semakin banyak foto membuat memory tidak cukup atau penuh serta membuat masyarakat untuk menghapus foto lama untuk menyimpan foto baru. Hasil penelitian ini sistem penyimpanan foto dikarnakan penyimpanan hampir dilakukan setiap hari. Penerapan sistem yang akan dibuat di dukung oleh aplikasi berbasis online yang nantinya dapat diterapkan melalui jaringan internet dan penyimpanan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan akan menggunakan algoritma deflate awal mulanya merupakan konsep kompresi yang dibuat dan diimplementasikan oleh Philip Katz. Sistem ini dibangun dengan metode pengembangan sistem prototype dan pengujian sistem menggunakan ISO 25010. Hasi pengujian yang telah dilakukan dengan melibatkan 4 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 88.93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai persentase yang diperoleh menunjukkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan mempunyai skala “Sangat Baik”.

Kata Kunci: Penyimpanan Foto, deflate Protptype, ISO 25010


Full Text:

PDF

References


A. Fitriansah, “Dan Deflate Pada Berbagai Jenis File Performance Comparison Analysis Of Lzw , Huffman And Deflate Compression Algorithms On Various Files 1 . 1 Latar Belakang Seiring Dengan Perkembangan Waktu Dan Teknologi , Maka Teknologi Informasi Juga Mengalami Perkem,” Telkom, Pp. 1–9, 2016.

D. Salomon, Data Compression, 44th Ed. London: Springer-Verlag, 2007.

Deutsch, Peter, Gailly, Jean-Loup, And Zlib, “Compressed Data Format Group Specification Version 3.3 Network Working,” 1996.

Jupriyadi, J. and Prabowo, R., 2017. Implementasi Owncloud Sebagai Private Storage Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi Xyz. Prosiding Semnastek.

Sontana, I., Rahmatulloh, A. and Rachman, A.N., 2019. Application Programming Interface Google Picker Sebagai Penyimpanan Data Sistem Informasi Arsip Berbasis Cloud. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 5(1), pp.25-32.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.