GAME EXPLORE SUMATERA ISLAND SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BUDAYA BANGSA

aditio reza ramadhan

Abstract


Pulau sumatera merupakan pulau ke-3 terbesar di indonesia pulau yang memiliki luas 473,481 km2. Pulau sumatera memiliki kebudayaan yang beragam salah satunya keunikan pakaian adat di tiap daerahnya. Penelitian ini akan membahas tentang merancang dan membangun game petualangan tentang budaya. Game tersebut berisi kebudayaan yang ada di pulau sumatera, game tersebut diberi nama Game Explore Sumatera Island. Kebudayaan yang akan dimasukkan ke dalam Game Explore Sumatera Island ini adalah pakaian adat di pulau sumatera. Tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya berupa pakaian adat yang ada dipulau sumatera. Pembangunan game ini menggunakan tools Construct 2 dan beberapa tools pendukung lainnya seperti, corel draw x5, photoshop cs6. Hasil implementasi game telah diuji dengan pengujian alpha dan beta. Pengujian alpha melalui pengujian aspek fungsionalitas dengan metode blackbox, dan dapat berjalan dengan baik dengan validasi 100%. Pengujian beta dengan melalui aspek usability, dan didapatkan hasil 80%, sedangkan untuk pengujian perangkat lunak sistem cukup baik di beberapa perangkat. Dari hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Game Explore sumatra Island dapat berjalan dengan baik dan dapat digunakan.

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, M., Imam, K., & Yuli Christyono., 2015. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2,UNDIP, Semarang.

Binanto, I., 2010, Multimedia Digital Dasar Teori+Pengembangannya, Andi Offset, Yogyakarta

Yunanto, A.T, Fiayanto, A.Y.A, dan Wahyu Hidayat., 2015. Penciptaan Buku Ilustrasi Pakaian Adat Bregada Hadiningrat Keraton Yogyakarta Sebagai Upaya Pengenalan Pakaian Tradisional Kepada Anak-anak, STIKOM. Surabaya.

Pressman, R.S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku satu), Yogyakarta : Andi.

Rahadi, R.M., Kodrat, I.S. dan Ike, P.I., "Perancangan Game Math Advanture Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android". Teknologi dan Sistem Komputer, Volume 4, No. 1 Januari 2016.

Sumatra, last edit 2 December 2020, https://en.wikipedia.org/wiki/Sumatra. Diakses [7 Desember 2020].

S. Ahdan, T. Pambudi, A. Sucipto, and Y. A. Nurhuda, “Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android”, SENTER, pp. 554-568, Mar. 2020.

Zulkarnais, A., Prasetyawan. P., Sucipto. A.,”Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android”. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), p. 96. 2018.

Adrian Q.J., Apriyanti,” Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android”. Jurnal Informatika: Jurnal TEKNOINFO, Vol.13, No.1, p. 51-54, ISSN: 2615-224X. 2019.

Palendera Y., Fernando Y., Rizkiono D.R.,” Game Detektif Resimen Mahasiswa Batalyon 209 Teknokrat Gajah Lampung”. Jurnal Informatika: Jurnal TEKNOINFO, Vol.13, No.1, 2, p. 46-50, ISSN: 2615-224X. 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i2.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.