AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (Studi Kasus: PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang)

Adhie Thyo Priandika, Sherly Octavia

Abstract


Pelabuhan Panjang merupakan salah satu pelabuhan yang berada di bawah pengelolaan manajemen PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), sebuah BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan logistik nasional. kini pelabuhan panjang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis pelayanan operasional petikemas yang akan melakukan eksport-import barang pada divisi terminal yaitu dengan menggunakan sistem VGM (Verified Gross Mass) yang berfungsi untuk memverifikasi berat kotor petikemas. Agar penerapan teknologi informasi dapat digunakan secara optimal, diperlukan suatu tata kelola yang biasa disebut tata kelola teknologi informasi. Tata kelola teknologi informasi adalah bagian dari tata kelola perusahaan yang menitikberatkan pada sistem dan teknologi informasi serta manajemen kinerja dan risiko. Salah satu standar yang digunakan dalam tata kelola teknologi informasi adalah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran tingkat kematangan maturity level, tahapan yang dilakukan menggunakan COBIT 5 Implementation sampai pada tahap 4 – Plan Programme, perhitungan menggunakan rata-rata statistik atau mean berupa total nilai dari berbagai item dalam setiap kuesioner. Proses APO08 akan digunakan sebagai proses untuk mengetahui bagaimana relasi tingkat kematangan dari penerapan sistem VGM (Verified Gross Mass) dalam mendukung proses bisnis untuk memberikan pelayanan operasional petikemas pada Pelabuhan Panjang.

Full Text:

PDF

References


Nugroho, R., Suryono, R., Darwis, D. “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Integritas Data Menggunakan Framework Cobit 5 pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV TNK”. Jurnal TEKNOINFO. Vol. 10, No.1, 2016, 1-6. 2016.

ISACA. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT.USA: IT Governance Institute. 2012

ISACA. 2012. COBIT 5 Enabling Process.USA: IT Governance Institute.

ISACA. 2012. COBIT 5 Enabling Information.USA: IT Governance Institute.

ISACA. 2012. COBIT 5 Implementation.USA: IT Governance Institute.

Jogiyanto, H.M. & Abdillah, W. 2011. Sistem Tata Kelola Teknologi Informasi. Yogyakarta:ANDI.

Khotari, C.R. 2004. Research Methodology Methods and Techniques Second. New Delhi: New Age Publisher.

Sanjaya, Wina. 2013. Pelelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sarno, Riyanto. 2009. Audit Sistem dan Teknologi Informasi. Surabaya: ITSpers.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suryono,R., Darwis, D. Gunawan, S. “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung)”. Jurnal TEKNOINFO. Vol. 12, No.1, 2018, 16-22. 2018.

Surendro, K. 2009. Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.

Wakhinuddin. 2009. Analisa Gap. Dikutip pada 10 Mei 2017.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.