IMPLEMENTASI GLOBAL POSITION SYSTEM (GPS) DAN PETA DIGITAL PADA APLIKASI MANDOSE UNTUK PENCARIAN PERANGKAT MOBILE

Ahmad Andi Ilhamway Nediansyah, adi Sucipto

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar masalah yang sering terjadi dikampus atau perguruan tinggi, yaitu sulitnya mahasiswa dalam mengetahui lokasi dosen. Jadwal kelas yang berbeda serta sibuknya dosen membuat mahasiswa memilih menunggu, banyak mahasiswa yang sudah lama menunggu tetapi tidak kunjung dapat menemui dosen, sehingga terbuangnya waktu dan tidak selesainya urusan yang ada. Melihat kondisi tersebut penulis akan mencoba untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat memantau atau melacak keberadaan dosen. Handphone saat ini memiliki berbagai macam fitur dengan dukungan teknologi terkini yang dapat memudahkan masyarakat. Untuk mempermudah mengetahui posisi dan keberadaan seseorang, sekarang ini dapat dilakukan melalui handphone. Oleh sebab itu penulis akan membahas tentang pembuatan aplikasi MANDOSE, MANDOSE merupakan sebuah aplikasi native yang dijalankan di handphone dengan dukungan operating sistem android, memanfaatkan teknologi A-GPS serta Google Maps. Aplikasi ini berbasis client-server dimana aplikasi client dibangun menggunakan bahasa pemrograman android, sedangkan sisi backend server dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Data berupa koordinat lokasi dan infromasi dosen yang didapat pada sisi client (dosen) akan dikirimkan kedalam database pada sisi server, kemudian akan dikirm kembali ke-sisi client (mahasiswa) yang selanjutnya ditampilkan dalambentuk map digital. Aplikasi lolos dalam uji fungsional black box dengan menggunakan metode equivalence partitioning, fungsi dapat berjalan 100% dengan minimal versi operating sistem android 5.0 (Lollipop). Aplikasi lolos dalam uji kualitas standar ISO 9126 dengan nilai aspek reliability (89.3%), aspek usability (90%), aspek efficiency (87.3%), dan aspek portability aplikasi dapat berjalan secara optimal diberbagai macam perangkat serta lolos dalam uji keakuratan GPS dengan hasil koordinat yang dihasilkan mendekati koordinat yang diharapkan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z., 2001, “Penetuan Posisi Dengan GPS Dan Aplikasinya, PT Pradnya Paramita”, Jakarta.

Android, “Android History”. https://www.android.com/history (diakses 27 September 2017)

Allan. D. Et al., 2009. “Systems Analysis & Design with UML Version 2.0”. United States of America.

Kustiyahningsih, Y. dan Anamisa, D. R., 2011, “Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL”. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Raharjo. B., 2011, “Membuat Database Menggunakan MySql”. Informatika. Bandung

Statcounter, "Mobile Vendor Market Share Worldwide".http://gs.statcounter.com/vendor-market-share/mobile (diakses 23 Mei 2017).

Sunyoto, Andi, “Sistem Integrasi GPS Dan GSM Untuk Pendeteksian Posisi Dan Pergerakan Pada Obyek Bergerak”, S2 Jurusan Ilmu Komputer UGM, 2003.

Zulkarnais A., Prasetyawan P., Sucipto A., 2018. "Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android", Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3 (1), 96-102.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i2.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.