ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR (STUDI KASUS: AREA PARKIR ICT UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA)
Abstract
Parkir merupakan kendaraan dalam keadaan tidak bergerak atau diam karena ditinggalkan oleh pengemudinya untuk sementara waktu. Fasilitas parkir sangat dibutuhkan terutama pada kampus atau perguruan tinggi, salah satunya yaitu Universitas Teknokrat Indonesia. Sebagian besar mahasiswa, dosen, serta staf karyawan datang dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua (sepeda motor). Analisa untuk area parkir ICT Universitas Teknokrat Indonesia dengan luas kurang lebih 1300.61 m2 dapat menampung kendaraan sebanyak 642 sepeda motor. Dengan memperhatikan volume yang memasuki area parkir ICT Universitas Teknokrat Indonesia, semakin bertambah jumlah mahasiswa maka akan meningkat pula kebutuhan ruang parkir yang diperlukan untuk menampung seluruh kendaraan. Penelitian tahap pertama yaitu dilakukan pengukuran luas lahan parkir, kemudian penelitian selanjutnya yaitu melakukan survei dengan mencatat jumlah kendaraan yang masuk atau keluar dari area parkir ICT Universitas Teknokrat Indonesia. Untuk kondisi saat ini dengan luas area parkir kurang lebih 1300.61 m2, digunakan ruang seluas 963 m2 untuk memarkir kendaraan dan ruang seluas 337.61 m2 untuk jalur sirkulasi parkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang parkir masih memenuhi kebutuhan parkir yang ada saat ini. Hal ini dilihat dari volume kendaraan maksimum yang memasuki area parkir sebanyak 555 sepeda motor, sedangkan area parkir ICT dapat menampung sebanyak 642 kendaraan. Dari hasil analisa penggambaran kebutuhan parkir untuk beberapa tahun kedepan, area parkir ICT masih dapat memenuhi kebutuhan parkir dalam waktu 5 (lima) tahun kedepan.
Full Text:
PDFReferences
Analisis Kebutuhan dan Penataan Ruang Parkir di Kampus Universitas Baturaja Oleh: Lindawati MZ . (2012). 3, 12–29.
Dirjen Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jurnal Fondasi, 1(1), 0–3.
Kurniawan, S., & Sriharyani, L. (2020). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Kendaraan Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Metro. 10(1), 10–18.
Kurniawan, S., & Surandono, A. (2017). Analisis Kebutuhan dan Penataan Ruang Parkir kendaraan. Tapak, 6(2), 127–133. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/tapak/article/view/560/400
Sipil, J. T., Teknik, F., Atma, U., & Yogyakarta, J. (2014). Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus Fisip. 13(1), 32–44.
Studi, P., Teknik, P., & Rachman, F. (2011). Analisis kapasitas ruang parkir sepeda motor kawasan FIP, FIS, FE, dan FH universitas negeri semarang.
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan dan pemodelan transportasi.
Teknik, J. I., Sunan, I., Surabaya, A., Sunan, U. I. N., Surabaya, A., Surabaya, U. A., Sunan, U. I. N., Surabaya, A., Kunci, K., Prianto, K., Widiastuti, M. A., Studi, P., Universitas, A., Negeri, I., & Ampel, S. (2020). Analisis Kebutuhan Dan Penataan Parkir Kampus Uin Sunan Ampel Surabaya Kusnul Prianto, Mega Ayundya Widiastuti 8. 13(3), 71–81
DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v2i02.1454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bertarina Bertarina, Waras Arianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL SENDI |
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.