SISTEM MONITORING HIDROPONIK BERBASIS ARDUINO UNO

Ahmad Fauzan, Reza Fahlefie

Abstract


Perkembangan teknologi informasi semakin maju dan cepat. Banyak teknologi masuk kedalam bidang yang lain contohnya bidang pertanian. Saat ini telah dikembangkan teknologi hidroponik dengan sistem wick untuk mengontrol suhu serta ph secara otomatis untuk menjaga hasil produksi tanaman agar tetap optimal. Namun pada budidaya tanaman ini dibutuhkan monitoring yang tepat guna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu alat monitoring ph dan temperatur pada budidaya tanaman hidroponik wick. Hasil dari penelitian ini adalah mikrokontroler berhasil berjalan dengan baik. Sistem kontrol monitoring pH dan temperatur dan volume air berjalan sesuai dengan setpoint yang ditentukan oleh user. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam bercocok dengan keterbatasan lahan dan menghasilkan hasil panen yang baik.

Full Text:

PDF

References


M. Centeno, “No Title ”,ةيبرعلا ةغللا سيردت قرطЭкономика Региона, p. 32, 2012.

T. Aprilla, “Monitoring Dan Kontrol Hidroponik Wick Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, p. 106, 2018.

A. H. I. Lestari, S. K. Maulida, D. Ariyanti, and I. Maula, “Hidroponik Sistek Wick sebagai Inovasi Pemanfaatan Lahan Sempit di Desa Karanganyar Kabupaten Tegal,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., 2020.

A. T. Wahyudi, Y. W. Hutama, M. Bakri, and S. D. Rizkiono, “Sistem Otomatis Pemberian Air Minum Pada Ayam Pedaging Menggunakan Mikrokontroller Arduino Dan Rtc Ds1302,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2020, doi: 10.33365/jtikom.v1i1.71.

I. Puspasari, Y. Triwidyastuti, and H. Harianto, “Otomasi Sistem Hidroponik Wick Terintegrasi pada Pembibitan Tomat Ceri,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.22146/jnteti.v7i1.406. [6] C. Riyana, "Peranan teknologi dalam pembelajaran," researchgate.net, Jakarta, 2008.

T. Harmini, "Sistem Kontrol Suhu Ruangan dan Penyiraman Tanaman Bawang Merah pada Greenhouse dengan Smartphone," repo.unida.gontor.ac.id, Bogor, 2018.

H. Mayrowani, "Pengembangan agroforestry untuk mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan petani sekitar hutan," repository.pertanian.go.id, Bogor, 2011.

C. Wasonowati, "Kajian saat pemberian pupuk dasar nitrogen dan umur bibit pada tanaman brokoli (Brassica oleraceae var. Italica Planck)," journal.trunojoyo.ac.id, Madura, 2009.

K. B. T. P. N Finahari, " Potensi Sprayer Otomatis sebagai Solusi Masalah Penyiraman Tanaman untuk Petani Cabe," core.ac.uk, Malang, 2019.

F. Majid, "Pembudidayaan durian di kebun benih hortikultura ranukitri pendem Mojogedang," digilib.uns.ac.id, Semarang, 2010.

H. Zelika, "RANCANG BANGUN PROTOTYPE MOBIL PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR INFRARED BERBASIS ARDUINO UNO," eprints.poltektegal.ac.id, Tegal, 2021.

D. I. J. W. A Muis, "Pengaruh inokulasi mikoriza arbuskula terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai (Glycine max (L.) Merrill) pada berbagai interval penyiraman," journal.ugm.ac.id, Yogyakarta, 2013. dan hasil kedelai (Glycine max (L.) Merrill) pada berbagai interval penyiraman," journal.ugm.ac.id, Yogyakarta, 2013.

A. M. JE Candra, "Penerapan Soil Moisture Sensor Untuk Desain System Penyiram Tanaman Otomatis," ejournal.upbatam.ac.id, Batam, 2019.

S. Ihsan, "RANCANG BANGUN SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS DENGAN MONITORING APLIKASI TELEGRAM," eprints.unram.ac.id, Mataram, 2021.

I. Kusudjianto, "Perancangan Perangkat Penyiram Tanaman Otomatis dan Monitoring Kelembaban Tanah Berbasis IoT (Studi Kasus: Tanaman Cabai)," repository.ubharajaya.ac.id, Jakarta, 2019.

D. Prihatmoko, "Perancangan dan implementasi pengontrol suhu ruangan berbasis mikrokontroller arduino uno," jurnal.umk.ac.id, Kudus, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33365/jimel.v3i1.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fauzan, Reza Fahlefie


JURNAL JIMEL
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik ELektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknikelektro
E : jimel@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal JIMEL is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View JIMEL StatsCounter

Flag Counter