Penerapan Customer Satisfaction Indeks dan Analisis Gap Pada Jasa Wedding Monang Entertainment

Rifki Iqbal Iqbal

Abstract


Monang Entertaiment merupakan salah satu jasa penyelenggara persiapan pernikahan (wedding). Jasa yang ditawarkan oleh Monang Entertaiment yaitu prewedding photo, dan wedding packages.  Terkait dengan jumlah pelanggan yang melakukan transakasi pemesanan jasa mengalami penurunan dikarenakan banyak jasa wedding baru maka Monang Entertaiment juga memperoleh dampak berupa menurunnya jumlah pelanggan. Penurunan jumlah pelanggan akan berdampak terhadap pendapatan atau laba Monang Entertaiment. Serta Monang Entertaiment belum memiliki sumber daya yang mampu menganalisis data kuesioner untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan extreme programming, penelitian ini akan dirancang menggunakan perancangan sistem UML. Penelitian ini menggunakan pengujian sistem menggunakan ISO 25010. Dan akan dilakukan pengukuran menggunakan customer satisfaction index yang akan dianalisis dengan Gap. Hasil yang dicapai adalah sebuah sistem untuk pengukuran kepuasan pelanggan pada Monang Entertaiment dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan mengunakan customer satisfaction index untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan dari atribut-atribut jasa dan dianalisis menggunakan Gap dengan model SERVQUAL dengan melihat  pada skala multi-item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan, serta gap di antara keduanya pada lima dimensi kualitas jasa. Melalui penelitian ini maka Monang Entertaiment dapat bersaing dengan jasa wedding lain dangna  menerapkan kualitas layanan untuk memuaskan pelanggan. Hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 3 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak dengan secor 90.93%yang dihasilkan secara keseluruhan mempunyai skala “Sangat Bik”.

Kata Kunci : Customer Satisfaction Index, Gap, Extreme Programming, ISO  25010


Full Text:

PDF

References


V. Devani and R. A. Rizko, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGANDENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV),” J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 24–29, 2016.

F. Ulum and R. Muchtar, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 2, pp. 68–72, 2018.

C. K. Sastradipraja and R. A. Barokah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (Studi Kasus : Puskesmas Baros Kota Sukabumi),” J. Ilm. FLASH, vol. 6, no. 2, pp. 16–27, 2020.

H. Sulistiani, K. Muludi, and A. Syarif, “Implementation of Dynamic Mutual Information and Support Vector Machine for Customer Loyalty Classification,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1338, no. 1, p. 12050.

S. Wijaya, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN BAGIAN KEUANGAN DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 11–17, 2017.

H. Sulistiani and A. Tjahyanto, “HETEROGENEOUS FEATURE SELECTION FOR CLASSIFICATION OF CUSTOMER LOYALTY FAST MOVING CONSUMER GOODS (CASE STUDY: INSTANT NOODLE).,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 94, no. 1, 2016.

R. Rusliyawati, D. Damayanti, and S. N. Prawira, “IMPLEMENTASI METODE SAW DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MODEL SOCIAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT,” Edutic-Scientific J. Informatics Educ., vol. 7, no. 1, 2020.

R. W. Oktaviani and R. N. Suryana, “Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro (Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor),” J. Agro Ekon., vol. 24, no. 1, pp. 41–58, 2006.

Tjiptono and Chandra, Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi, 2016.

Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan. Yogyakarta: Andi, 2015.

A. Nurkholis, E. R. Susanto, and S. Wijaya, “Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 124–134, 2021.

N. Nugroho, R. Napianto, and G. Adithama, “Pengembangan Sistem E-Procurement Pada SMK Yadika Baturaja Dengan Pendekatan Extreme Programming,” Ainet J. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2021.

R. I. Borman, A. T. Priandika, and A. R. Edison, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 272–277, 2020.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” INOVTEK Polbeng-Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.

H. Ismatullah and Q. J. Adrian, “IMPLEMENTASI PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI IKATAN KELUARGA ALUMNI SANTRI BERBASIS WEB,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, 2021.

A. Budiman, L. S. Wahyuni, and S. Bantun, “Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 2, pp. 24–30, 2019.

R. Rusliyawati, T. M. Putri, and D. Darwis, “Penerapan Metode Garis Lurus dalam Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap pada PO Puspa Jaya,” J. Ilm. Sist. Inf. Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifki Iqbal Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.