DASHBOARD INTERAKTIF UNTUK SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PONDOK PESANTREN MAZROATUL'ULUM

Reza Kumala Dewi, Qadhli Jafar Ardian, Heni Sulistiani, Fatmawati Isnaini

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara dan observasi mengenai sistem informasi akuntantsi keuangan yang ada di pondok pesantren mazroatul ulum secara keseluruhan belum memanfaatkan teknologi computer atau sebuah sistem yang terkomputasi. Proses wawancara dilakukan terhadap para petugas yang berada di pondok pesantren mazroatul ulum diketahui masih melalui cara konvensional untuk menginputkan data santri ataupun melakukan pembayaran spp yaitu dengan cara menuliskannya dibuku, tentunya itu akan menghambat proses penyusunan laporan dan rentan terhadap human error, seperti kesalahan penulisan data , kesulitan mencari data pembayaran di masa lampau dan rentan terhadap kehilangan data dikarenakan hilang atau terkena air. Solusi yaitu dengan membangun aplikasi Dashboard Interaktif Untuk Sistem Informasi Keuangan yang ada di pondok pesantren mazroatul ulum. Dengan menggunakan sistem yang terkomputasi, admin tidak perlu melakukan pencarian data secara manual dikarekanakan hanya dengan mencari di dalam sistem maka data yang dicari akan sangat cepat untuk ditemukan, dengan adanya sistem ini penyusunan laporan kas masuk atauapun kas keluar dapat dihasilkan secara otomatis tanpa harus merekap secara manual. Berdasarkan hasil pengujian berdasarkan aspek fungsionality diperoleh hasil 100% yang dapat disimpulkan sistem telah diterima atau sukses, pada aspek usability diperoleh hasil 92.7% yang dapat disimpulkan responden sangat setuju.

Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Pondok Pesantren, UML


Full Text:

PDF

References


A. Wardana, "Sistem Pengendalian Manajemen Pada Organisasi Nirlaba," Akuntansi, Vol. 59, No. 3, Pp. 1689-1699, 2015.

M. Alison And J. Kaye, "Perencanaan Strategi Jakarta," Nirlaba, (Yayasan Obor Indonesia, 2016.

Mulyadi, "Sistem Akuntasi Edisi 4," Jakarta : Penerbit Selemba Empat., 2016.

A. Sugiono And E. Untung, "Analisa Laporan Keuangan,," Edisi Revisi, Jakarta: Grasindo, 2016.

A. Kamarudin, "Akuntansi Manajemen. Dasar-Dasar Konsep Biaya Dan Pengambilan Keputusan," Akuntansi Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2017.

Jogiyanto, "Konsep Dasar Sistem Informasi," 2017.

L. Ariyanti, M. N. D. Satria And D. Alita, "Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 1, No. 1, Pp. 90-96, 2020.

M. B. Romney And P. J. Steinbart, "Sistem Informasi Akuntansi.," 2015.

S. Maulida, F. Hamidy And A. D. Wahyudi, "Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan (Studi Kasus: Ud Apung)," Jurnal Tekno Kompak, Vol. 14, No. 1, 2020.

A. Saputra And A. S. Puspaningrum, "Sistem Informasi Akuntansi Hutang Menggunakan Model Web Engineering (Studi Kasus: Haanhani Gallery)," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 2, No. 1, Pp. 1-7, 2021.

D. Darwis, D. Wahyuni And Dartono, "Sistem Informasi Akuntansi Pengolahan Dana Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest Pada Pt Sinar Sosro Bandar Lampung," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 1, No. 1, Pp. 15-21, 2020.

Damayanti, H. Sulistiani And E. F. G. S. Umpu, "Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa Pada SD Ar-Raudah Bandarlampung," Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), Vol. 11, No. 1, Pp. 40-50, 2021.

B. S. Sulastio, H. Anggon And A. D. Putra, "Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet Di Jam Kerja Pada Kota Bandar Lampung Berbasis Android," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 2, No. 1, Pp. 104-111, 2021.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti And A. Setiawan, "Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station)," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 1, No. 2, Pp. 64-70, 2020.

E. L. Rahmadani, H. Sulistiani and F. Hamidy, "Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus: Cucian Gading Putih)," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 1, pp. 22-30, 2020.

S. Mahmuda, A. Sucipto and Setiawansyah, "Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Tunjangan Karyawan Bulog (TKB) (Studi Kasus: Perum Bulog Divisi Regional Lampung)," Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (JIMASIA), vol. 1, no. 1, pp. 14-23, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 REZA KUMALA DEWI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.