RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: BIMBINGAN BELAJAR DE POTLOOD)

Yolanda Sherley, Qadhli Jafar Ardian, Wita Kurnia

Abstract


Bimbingan belajar De Potlood yang baru berdiri 3 tahun, memberikan pelayanan jasa dalam hal edukasi untuk siswa SD hingga SMA untuk memenuhi kebutuhan pelajaran tambahan diluar jam sekolah. Bimbingan belajar biasanya akan dilaksanakan secara tatap muka (offline) sesuai dengan jadwal yang telah dipilih oleh siswa. Dengan melaksakan ujian-ujian tambahan yang diberikan, bimbingan belajar De Potlood masih menggunakan media kertas sebagai alat untuk mengerjakan ujian, yang kemudian hasil ujian tersebut akan dinilai secara manual oleh guru dan dikembalikan lagi kepada siswa. Saat terjadinya pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan google form sebagai media untuk menjawab soal ujian yang diberikan, kemudian materi dan video pembelajaran akan di upload melalui grup WhatsApp. Berdasarkan proses yang berjalan terdapat kendala yaitu guru tidak dapat mengetahui apakah siswa akan mengunduh materi dan video yang telah dibagikan, dan guru perlu merekapitulasi hasil pengerjaan ujian siswa secara manual. Maka dibuatlah sebuah sistem media pembelajaran untuk bimbel ini. Dengan adanya sistem sistem yang baru ini akan dapat diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang lebih efektif, sehingga guru dapat mengupload materi dan video pembelajaran lebih mudah.

Kata Kunci: Rancang Bangun, Website, Extreme Programing, MYSQL, Usability Testing.


Full Text:

PDF

References


S. Ahdan, A. R. Putri, and A. Sucipto, “Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 493–509, 2020.

A. Harahap, A. Sucipto, and J. Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2020.

V. H. Saputra and E. Febriyanto, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 15–23, 2019.

P. Permata and W. D. Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Kalkulus,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 277–286, 2018.

I. Ahmad and H. Indra, “Rancang Bangun Sistem Tiket Masuk Pada Objek Wisata Pantai Mutun,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 61–71, 2016.

Y. Rahmanto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI MENGGUNAKAN METODE WEB ENGINEERING (Studi Kasus: Primkop Kartika Gatam),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2021.

L. Ariyanti, M. N. D. Satria, and D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020.

R. Sari, F. Hamidy, and S. Suaidah, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA KONVEKSI SJM BANDAR LAMPUNG,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 65–73, 2021.

S. Yolanda and N. Neneng, “Rancang Bangun Sistem Informasi untuk Perhitungan Biaya Sewa Kontainer Pada PT Java Sarana Mitra Sejati,” J. Ilm. Sist. Inf. Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 24–34, 2021.

S. Maskar, P. S. Dewi, and N. D. Puspaningtyas, “Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu,” PRISMA, vol. 9, no. 2, pp. 154–166, 2020.

F. M. Sari and A. Y. Wahyudin, “Blended-Learning: The responses from non-English students in the Indonesian tertiary context,” Teknosastik, vol. 17, no. 1, pp. 23–28, 2019.

M. Ulfa and N. D. Puspaningtyas, “The Effectiveness of Blended Learning Using A Learning System in Network (SPADA) in Understanding of Mathematical Concept,” Mat. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 47–60, 2020.

F. M. Sari and A. Y. Wahyudin, “Undergraduate Students’ Perceptions Toward Blended Learning through Instagram in English for Business Class.,” Int. J. Lang. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 64–73, 2019.

F. Ulum and R. Muchtar, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 2, pp. 68–72, 2018.

A. Nurkholis, E. R. Susanto, and S. Wijaya, “Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 124–134, 2021.

N. Ayunandita and S. D. Riskiono, “PERMODELAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN EXTREME PROGRAMMING PADA MADRASAH ALIYAH (MA) MAMBAUL ULUM TANGGAMUS,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yolanda Sherley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.