APLIKASI SMART SCHOOL UNTUK KEBUTUHAN GURU DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 KRUI)

Yulian Khadaffi, Jupriyadi Jupriyadi, Wita Kurnia

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan akan adanya masalah metode pembelajaran dimasa COVID-19 dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan untuk mencari alternatif Learning Management Sistem (LMS) yang terbaik untuk proses pembuatan metode pembelajaran secara online. Dengan sistem ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan baik dan efektif dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.Pada penelitian ini SPK yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Analitical Hierarchy Process (AHP), dengan menggunakan metode ini kita dapat mengetahui LMS mana yang akan dipakai sesuai dengan alternatif (Google Classroom, Moodle, dan Edmodo) dan kriteria (Pengguna, Fitur, Penilaian otomatis, dan Biaya) yang telah ditentukan dan sesuai dengan keinginan guru-guru berdasarkan hasil kuisioner yang telah dilakukan, dan berhasil mengumpulkan data sebanyak 45 responden menggunakan Google Formulir kepada guru-guru.Dari kuisioner yang telah dilakukan, penulis menggunakan aplikasi Expert Choices sebagai tool untuk mempercepat mencari jawaban yang terbaik dengan menggunakan metode AHP dan mendapatkan hasil Moodle sebagai LMS terbaik dengan nilai 371, sedangkan Edmodo dengan nilai 338 dan Google Classroom dengan nilai 291. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Sistem Pembelajaran Online menggunakan Moodle dengan 4 kriteria sistem yakni dari segi biaya, penilaian otomatis, kelengkapan fitur, dan pengguna sistem.

Kata Kunci: Learning Management Sistem, Decission Support System, Smart School, Analitical Hierarchy Proces, Moodle.


Full Text:

PDF PDF

References


R. Stumpf, X. Gonze Dan M. Scheffler, “Fritz-Haber Institute Research Report,” Unpublished, 1990.

A. Gumantan, R. A. Nugroho Dan R. Yuliandra, “Learning During The Covid-19 Pandemic: Analysis Of E-Learning On Sports Education Students,” Journal Sport Area, Vol. 6, No. 1, Pp. 51 - 58, 2021.

M. S., “Desain Aplikasi Smart School Sebagai Model Pembelajaran Inovatif,” Dalam Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar , Makassar , 2017.

D. Leman, “Smart School Management Integrasi Dengan Fingerprint (Studi Kasus : Smk Tritech Informatika Medan),” Riau Journal Of Computer Science, Vol. 6, No. 1, Pp. 1 - 5, 2020.

U. Majorsy, “Gambaran Evaluasi Penggunaan Aplikasi Smartschool Sebagai Bentuk Pembelajaran Berbasis Edutainment,” Universitas Gunadarma, Jakarta, 2019.

D. O. Wibowo Dan A. T. Priandika, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Pernikahan Pada Wilayah Bandar Lampung Menggunakan Metode Topsis,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 2, No. 1, Pp. 73 - 85, 2021.

T. L.Saaty, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin Proses Hierarki Analitik Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Kompleks, Jakarta: Cv Gramedia, 1993.

E. R. Susanto Dan A. S. Puspaningrum, “Model Prioritas Program Pemerataan Ipm Di Provinsi Lampung Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process,” Jurnal Teknoinfo, Vol. 14, No. 1, Pp. 9 - 14, 2020.

M. Nur Dan S. R. Hararahap, “Smart School Malaysia,” 2003.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

R. T. Setiawardhani, “Embelajaran Elektronik E-Learning Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Unswagati, Vol. 1, No. 2, P. 82–96, 2013.

Styawati, F. Ariany, D. Alita Dan E. R. Susanto, “PEMBELAJARAN TRADISIONAL MENUJU MILENIAL : PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MAN 1 PESAWARAN,” Journal Of Technology And Social For Community Service (JTSCS), Vol. 1, No. 2, Pp. 10 - 12, 2020.

R. K. Ellis, “A Field Guide To Learning Management System,” The American Society For Training & Development (Astd), 2009.

T. Limbong, Muttaqin, A. Iskandar, A. P. Windarto, J. Simarmata, Mesran, O. K. Sulaiman, D. Siregar, D. Nofriansyah, D. Napitupulu Dan A. Wanto, Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

R. I. Borman, Mayangsari Dan M. Muslihudin, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi,” Jtksi (Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi), Vol. 1, No. 1, Pp. 4 - 9 , 2018.

H. A. Septilia, Parjito Dan Styawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Menggunakan Metode Ahp,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, Vol. 1, No. 2, Pp. 34 - 41, 2020.

A. S. Puspaningrum, S. Rochimah Dan R. J. A. , “Functional Suitability Measurement Using Goal-Oriented Approach Based On Iso/Iec 25010 For Academics Information System,” Journal Of Information Systems Engineering And Business Intelligence , Vol. 3, No. 2, Pp. 68 - 74, 2017.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti Dan A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 2, Pp. 64 - 70, 2020.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita dan Handika, “Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri),” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) , vol. 5, no. 1, pp. 328 - 336, 2021.

Damayanti, H. Sulistiani dan E. F. G. S. Umpu, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa pada SD Ar-Raudah Bandarlampung,” Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 11, no. 1, pp. 40 - 50, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yulian Khadaffi, Jupriyadi Jupriyadi, Wita Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.