PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK KOLEKSI KAIN TAPIS (STUDY KASUS: UPTD MUSEUM NEGERI PROVINSI LAMPUNG)

Rida Alifah, Dyah Ayu Megawaty, Muhammad Najib Dwi Satria

Abstract


Museum Lampung menyajikan berbagai koleksi zaman prasejarah dan masa sejarah sebagai bukti dari masa lalu kuno. Seluruh koleksi Museum Lampung berjumlah sekitar 4.754 buah yang diklasifikasikan menjadi 10 kelompok yaitu, geologi, biologi, etnografi, arkeologi, koleksi bersejarah, numismitik/heraldik, Philological, ceramological, seni, dan teknologi. Museum Lampung sampai dengan saat ini belum memiliki data terkait dengan koleksi kain yang dibuat secara digital. Oleh karena itu, bila ingin ada masyarakat yang ingin mengakses data tentang koleksi kain Tapis, maka yang bersangkutan harus datang ke museum atau datang ke perpustakaan dimana buku-buku tentang koleksi kain Tapis Museum Lampung tersedia. Metode dalam penelitian ini adalah MDLC dengan pengujian sistem yaitu ISO 25010.Hasil penelitian ini adalah membangun suatu aplikasi Augmented Reality (AR). AR memiliki salah satu kelebihan antara lain yaitu dapat mengimpementasikan secara luas dalam berbagai media. Seiring berkembangnya teknologi tersebut, penggunaan teknologi AR pada proses menggunakan gambar ke dalam bentuk animasi 3D yang menarik untuk membantu mempermudah dan memperluas penyebaran informasi tentang Koleksi Museum Tekstil Kain Tapis sebagai salah satu Kebudayaan Lampung. Website tersebut dibangun dengan alasan agar dapat diakses oleh semua kalangan yang ingin mengetahui tentang Kain Tapis sebagai salah Kebudayaan yang dimiliki Museum Lampung.

Kata Kunci: Koleksi Tapis, Augmented Reality, MDLC, ISO 25010


Full Text:

PDF

References


B. Supriyanto Dan I. M. G. Gunadi, Buku Panduan Museum Lampung, Lampung: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung "Ruwa Jurai, 2017.

S. Maskar Dan R. R. Anderha, “Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung,” Mathema Journal, Vol. 1, No. 1, Pp. 40 - 47, 2019.

A. Sucipto, Q. J. Adrian Dan M. A. Kencono, “Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), Vol. 10, No. 1, Pp. 40 - 45, 2021.

P. Haryani Dan J. Triyono, “Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat,” Jurnal Simetris, Vol. 8, No. 2, Pp. 807 - 812, 2017.

Rusliyawati, A. Wantoro2 Dan A. Nurmansyah, “Penerapan Augmented Reality (Ar) Dengan Kombinasi Teknik Marker Untuk Visualisasi Model Rumahpada Perum Pramuka Garden Residence,” Jurnal Teknoinfo, Vol. 14, No. 2, Pp. 95 - 99, 2020.

S. Loviana, A. M. Islamuddin, A. Damayant, M. K. Mahfud Dan P. Merliza, “Etnomatematika Pada Kain Tapis Dan Rumah Adat Lampung,” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 4, No. 1, Pp. 94 - 110, 2020.

Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi Dan R. I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada Pt. San Esha Arthamas,” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti) , Vol. 5, No. 1, Pp. 62 - 71, 2021.

Q. J. Adrian Dan Apriyanti, “Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android,” Jurnal Teknoinfo, Vol. 13, No. 1, Pp. 51 - 54, 2019.

A. Harahap, A. Sucipto Dan Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (Jiiti), Vol. 1, No. 1, Pp. 20 - 25, 2020.

N. Rianto, A. Sucipto Dan R. D. Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: Sdn 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan),” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jirpl) , Vol. 2, No. 1, Pp. 24 - 31, 2020.

A. S. Puspaningrum, S. Rochimah Dan R. J. A. , “Functional Suitability Measurement Using Goal-Oriented Approach Based On Iso/Iec 25010 For Academics Information System,” Journal Of Information Systems Engineering And Business Intelligence , Vol. 3, No. 2, Pp. 68 - 74, 2017.

W. Dinasari, A. Budiman Dan D. A. Megawaty, “Sistem Informasi Manajemen Absensi Guru Berbasis Mobile (Studi Kasus : Sd Negeri 3 Tangkit Serdang),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 1, No. 2, Pp. 50 - 57, 2020.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti Dan A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 2, Pp. 64 - 70, 2020.

E. L. Rahmadani, H. Sulistiani Dan F. Hamidy, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus : Cucian Gading Putih),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1 , No. 1, Pp. 22 - 30, 2020.

Damayanti, H. Sulistiani Dan E. F. G. S. Umpu, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa Pada Sd Ar-Raudah Bandarlampung,” Jurnal Teknologi Dan Informasi (Jati), Vol. 11, No. 1, Pp. 40 - 50, 2021.

D. A. Megawaty Dan M. E. Putra, “Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak , Vol. 1, No. 1, Pp. 65 - 74, 2020.

M. Mustika, E. P. A. Sugara Dan M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika, Vol. 2, No. 2, Pp. 121 - 126, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 rida alifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.